Pemkab Kupang sediakan benih untuk petani

id benih

Pemkab Kupang sediakan benih untuk petani

Benih jagung untuk para petani di Kabupaten Kupang, NTT (ANTARA Foto/dok)

Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur menyediakan benih padi dan jagung sebanyak 50 ton untuk membantu para petani dalam menghadapi musim tanam 2018.
Kupang (AntaraNews NTT) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur menyediakan benih padi dan jagung sebanyak 50 ton untuk membantu para petani dalam menghadapi musim tanam 2018.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Arnold Saubaki di Kupang, Jumat (23/3) mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kupang telah mengalokasikan anggarannya melalui APBD II untuk pengadaan benih padi dan jagung bagi petani yang mengalami kesulitan mendapatkan benih dalam menghadapi musim tanam TA 2018.

"Kita sudah siapkan bibit tanaman untuk membantu petani yang mengalami gagal panen dalam musim tanam ini. Jumlahnya cukup untuk membantu petani yang kesulitan mendapatkan benih," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Arnoldus Saubaki.

Baca juga: Pemerintah Sediakan Benih Untuk Petani
Baca juga: Bantuan Benih Mulai Disalurkan


Benih yang disiapkan Dinas Pertanian guna membantu petani di daerah itu meliputi benih jagung 30 ton serta padi 20 ton. "Alokasi dana APBD Kita sangat kecil karena disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah ini sehingga pengadaan benih juga dilakukan sesuai kemampuan keuangan daerah ini ," kata Arnoldus.

Ia mengatakan, kesulitan benih akan dihadapi petani daerah ini karena tahun 2017 lalu banyak lahan pertanian yang tidak bisa diolah sehingga terjadi gagal panen yang berdampak stok benih sangat terbatas di kalangan petani. Selain menyiapkan bantuan benih kata dia, pemerintah daerah ini juga menyiapkan bantuan pupuk Urea non subsidi dan NPK non subsidi.