Disnakertrans Kota Kupang gelar pelatihan kerja

id HERMAN

Disnakertrans Kota Kupang gelar pelatihan kerja

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man menyematkan tanda peserta pelatihan keterampilan las kepada perwakilan peserta di Kupang, Jumat (23/3). (ANTARA Foto/Benny Jahang)

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur menggelar pelatihan las listrik bagi 16 orang pemuda untuk menciptakan lapangan kerja.
Kupang (AntaraNews NTT) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur menggelar pelatihan las listrik bagi 16 orang pemuda untuk menciptakan lapangan kerja.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) milik pemerintah Provinsi NTT itu dibuka Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man di Kupang, Jumat (23/3).

Herman mengatakan, tingkat penganguran di Kota Kupang terus bertambah sehingga mendorong pemerintah daerah ini memperbanyak pelatihan peningkatan keterampilan bagi calon tenaga kerja agar dapat bekerja secara mandiri.

"Pemerintah terus melakukan berbagai upaya dalam mengatasi penganguran dengan memperbanyak kegiatan pelatihan guna meningkatkan keterampilan bagi pencari kerja sehingga lebih cepat bekerja secara mandiri," tegas Herman.

Wakil Wali Kota Kupang menegaskan, masyarakat Kota Kupang harus mampu membaca peluang usaha dengan semakin pestanya pembangunan ekonomi di Kota Kupang.

"Proses usaha las ini sangat menjanjikan sehingga perlu dilakukan secara sunguh-sunguh agar usahanya terus berkembang dan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi warga," kata Herman. 

Baca juga: Ratusan nelayan ikuti pelatihan Keselamatan Berlayar
Baca juga: Kibar Indonesia Lakukan Pelatihan Terhadap 100 Anak


Ia berharap, 16 orang pemuda yang menjadi peserta dalam pelatihan las untuk mengikuti pelatihan selama 20 hari itu secara baik sehingga dapat diterapkan secara baik melakukanya secara mandiri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kupang Gosa Yohannes dalam kesempatan itu mengatakan, 16 orang peserta pelatikan merupakan warga Kota Kupang yang direkrut dari berbagai kelurahan di daerah itu.

"Kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi calon tenaga kerja sehingga menjadi tenaga kerja yang terampil dan mandiri dama mengembangkan usaha Las," tegasnya

Ia berharap melalui pelatihan las peserta memiliki kemampuan dalam menciptakan lapangan kerja baru secara mandiri, sehingga mengurangi jumlah penganguran di Kota Kupang.

Pemerintah Kota Kupang kata dia, akan memberikan bantuanperalatan las dan sertifikat kepada 16 orang peserta setelah pelatihan berlangsung sebagai dukungan pemerintah daerah ini dalam pengembangan usaha yang dilakukan 16 orang peserta itu. 
Baca juga: Nakertrans Kupang Perbanyak Pelatihan