Pemerintah gelar operasi pengendalian hama wereng coklat

id HAMA

Pemerintah gelar operasi pengendalian hama wereng coklat

Satuan tugas pengendali hama wereng coklat sedang melaksanakan tugasnya dalam upaya pembasmian hama tersebut di empat kabupaten di Pulau Flores, NTT. (ANTARA Foto/dok)

Dinas Pertanian Nusa Tenggara Timur gelar operasi pengendalian hama wereng coklat yang menyerang 50 haktare lahan sawah milik para petani di empat kabupaten di Pulau Flores.
Kupang (AntaraNews NTT) - Dinas Pertanian Nusa Tenggara Timur gelar operasi pengendalian hama wereng coklat yang menyerang 50 haktare lahan sawah milik para petani di empat kabupaten di Pulau Flores.

Kepala Dinas Pertanian NTT Yohanis Tay Ruba ketika dihubungi Antara di Kupang, Sabtu (31/3), operasi pengendalian serangan hama wereng coklat itu dilakukan serentak di Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Ngada dan Nagekeo.

"Kita sudah turunkan tim pengendali hama untuk bersama-sama dengan tim pengendali hama di kabupaten untuk melakukan operasi terhadap hama wereng coklat yang menggerek tanaman padi di empat kabupaten itu," katanya.

Hama wereng coklat menyerang secara sporadis lahan persawahan petani seluas sekitar 50 hektare di empat kabupaten tersebut yang dikhawatirkan akan mengurangi produktivitas padi di daerah tersebut.

Pemerintah NTT, kata dia, telah menyiapkan sarana brigade pestisida untuk digunakan dalam operasi pengendalian serangan gama wereng coklat di empat kabupaten di Pulau Flores itu.

Baca juga: Hama Wereng serang lahan persawahan di Flores
. Satuan tugas pengendali hama wereng coklat sedang melaksanakan tugasnya dalam upaya pembasmian hama tersebut di empat kabupaten di Pulau Flores, NTT. (ANTARA Foto/dok) 
Menurut dia, gerakan pengendalian hama wereng di empat kabupaten itu melibatkan petugas pengendali hama provinsi, kabupaten serta regu-regu pengendali hama di empat daerah yang terdampak serangan hama.

"Saat ini para petugas sedang melakukan operasi pengendalian di lapangan untuk mencegah meluasnya serangan hama wereng coklat ke daerah lain di Flores," ujarnya

Dalam mengantisipasi serangan hama, Dinas Pertanian NTT telah membentuk lima lokasi pengendalian hama penyakit, yakni di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur untuk seluruh daratan Sumba.

Sedang, Satgas pengendalian hama di Maumere bertugas untuk pengendalian hama yang melanda daerah Flores Timur dan Lembata, sementara Manggarai Barat untuk Manggarai dan Manggarai Timur.

Baca juga: Hama Wereng Serang Persawahan di Amabi Oefeto
. Hama wereng telah menyerang sekitar 50 hektare tanaman padi yang menyebar di empat kabupaten di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (ANTARA Foto/dok) 
Satgas pengedalian hama penyakit yang berkedudukan di Mbay, Kabupaten Nagekeo bertugas mengendalikan hama penyakit yang terjadi di Nagekeo dan Ngada.

Sementara tim pengendali hama penyakit di Kota Kupang bertugas melakukan pengendalian hama yang terjadi di Pulau Timor, Sabu, Rote dan Alor.