Pemkot Kupang target capaian vaksinasi 90 persen pada Desember 2021

id NTT,COVID-19,vaksinasi COVID-19 kota kupang

Pemkot  Kupang target capaian vaksinasi 90 persen pada Desember 2021

Wakil Wali Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Hermanus Man (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

Apabila melihat capaian vaksinasi di Kota Kupang saat ini sudah mencapai 81,71 persen maka kami optimis capaian vaksinasi pada Desember 2021 bisa mencapai 90 persen untuk dosis pertama
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menargetkan capaian vaksinasi COVID-19 bagi warga daerah itu mencapai 90 persen pada Desember 2021.

"Apabila melihat capaian vaksinasi di Kota Kupang saat ini sudah mencapai 81,71 persen maka kami optimis capaian vaksinasi pada Desember 2021 bisa mencapai 90 persen untuk dosis pertama," kata Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man di Kupang, Selasa, (26/10).

Hermanus Man mengatakan hal itu terkait peringatan Presiden Joko Widodo kepada para kepala daerah agar mempercepat vaksinasi COVID-19 kegiatan perekonomian dapat pulih dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ia mengatakan capaian vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama saat ini sudah menjangkau 272.616 orang atau 81,71 persen yang telah mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Dia menambahkan untuk vaksinasi dosis II telah dilakukan terhadap 183.431 orang atau 54.98 persen.

"Kami targetkan pada akhir Desember 2021 vaksinasi untuk dosis pertama mencapai 90 persen dan dosis II diatas 70 persen," tegasnya.

Menurut dia, Kementerian Keseharan RI menentukan apakah Kota Kupang telah mencapai herd immunity atau belum.

Ia mengatakan dalam bulan November-Desember 2021 Pemerintah Kota Kupang akan lebih gencar melakukan vaksinasi bagi warga yang belum melakukan vaksinasi dosis pertama maupun vaksinasi dosis kedua.

Dia menambahkan, vaksinasi COVID-19 pada November-Desember 2021 dilakukan langsung di kelurahan dengan melibatkan unsur TNI/Polri.

"Vaksinasi langsung di kelurahan untuk memperkecil perbedaan jumlah capaian vaksinasi dosis pertama dengan vaksinasi dosis yang terlampau jauh," tegas Hermanus Man.

Dia mengatakan, tingginya perbedaan jumlah capaian vaksinasi dosis pertama dengan kedua karena pada dua bulan yang lalu, sempat terjadi kekosongan vaksin di Kota Kupang sehingga banyak warga yang belum melakukan vaksinasi dosis kedua.

Ia berharap warga Kota Kupang yang belum melakukan vaksinasi dosis pertama maupun belum vaksin kedua untuk segera melakukan vaksinasi sehingga tidak mudah terpapar COVID-19.

Baca juga: Legislator: Gerakan vaksinasi perlu menjadi gerakan massal
Baca juga: Presiden ingatkan kepala daerah kebut vaksinasi COVID-19