Kota Kupang jadi kota pertama Festival Cegah Korupsi

id Kemendikbud, NTT, Kota Kupang,festival cegah korupsi

Kota Kupang jadi kota pertama Festival Cegah Korupsi

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Charolina Muliana Girsang memberikan penjelasan kepada wartawan di Kupang. ANTARA/Kornelis Kaha

...Festival Cegah Korupsi ini diharapkan mampu menggerakkan hati para pemuda khususnya mahasiswa di Timur untuk mulai berani menyuarakan antikorupsi
Kupang (ANTARA) - Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menetapkan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, sebagai kota pertama yang dijadikan lokasi Festival Cegah Korupsi.

"Kami sengaja menetapkan Kota Kupang sebagai lokasi pertama Festival Cegah Korupsi karena berdasarkan data dari KPK, Kota Kupang mempunyai tren korupsi yang cukup membaik, dan menempati urutan ketiga tren positif secara nasional," kata Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Charolina Muliana Girsang di Kupang, Kamis, (28/10).

Hal ini disampaikan berkaitan dengan pelaksanaan Festival Cegah Korupsi yang dibuka untuk pertama kalinya di Kota Kupang sebagai Ibu Kota Provinsi NTT.

Disamping karena sebagai daerah dengan tren kasus korupsi yang menurun, katanya, penetapan Kota Kupang sebagai lokasi Festival Cegah Korupsi karena merupakan wilayah Indonesia Timur.

"Jadi memang perlu perhatian bagi daerah-daerah Timur, seperti yang saya sampaikan bahwa matahari terbit dari Timur sehingga pembangunan dan perubahan harus dilakukan mulai dari Timur," ujar dia.

Ia mengatakan Festival Cegah Korupsi diharapkan mampu menggerakkan hati para pemuda khususnya mahasiswa di Timur untuk mulai berani menyuarakan antikorupsi di lingkungan universitasnya.

Ia mengatakan usai dari Kota Kupang, pihaknya akan melanjutkan ke beberapa daerah di Indonesia untuk bertemu dengan mahasiswa atau komunitas antikorupsi untuk menyuarakan berani melawan korupsi.

Baca juga: Kemendikbud ajak mahasiswa NTT berani lapor tindakan korupsi

Baca juga: Begini cara dapatkan bantuan kuota belajar dari Kemendikbud