Pemkot Kupang minta warga lapor tarif tes PCR di atas Rp300 ribu

id tes PCR, NTT, Kota Kupang,harga PCR

Pemkot Kupang minta warga lapor tarif tes PCR di atas Rp300 ribu

ANTARA FOTO/Reno Esnir

...kita akan berikan sanksi, dan juga teguran keras, kalau tidak diindahkan juga sanksi berupa izin operasi dicabut
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang mengimbau warga, khususnya pelaku perjalanan, melapor kepada Pemkot Kupang atau Satgas COVID-19 jika menemukan adanya RS atau klinik yang masih menerapkan tarif tes PCR di atas Rp300.000.

"Kalau ada rumah sakit atau klinik yang masih menerapkan harga tes PCR di atas Rp300 ribu per orang maka segera laporkan ke kami atau ke Satgas COVID-19 sehingga bisa diberikan sanksi," kata Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man di Kupang, Rabu, (3/11).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan keputusan penurunan harga tes PCR di Indonesia baik di Pulau Jawa dan Bali maupun di luar dari Pulau Jawa dan Bali.

Pemerintah memutuskan untuk Pulau Jawa dan Bali harga tes PCRnya Rp275 ribu per orang, sementara di luar Pulau Jawa dan Bali harganya Rp300 ribu per orang.

Wakil Wali Kota Kupang mengatakan jika ada yang melaporkan soal penemuan masih ada RS atau klinik yang menerapkan harga PCR di atas dari harga yang ditetapkan, pihaknya akan melakukan penyelidikan.

"Yang pasti kita akan berikan sanksi, dan juga teguran keras, kalau tidak diindahkan juga sanksi berupa izin operasi dicabut," tegas dia.

Namun ujar dia, pemerintah masih memberikan kesempatan satu dua hari ke depan untuk RS atau klinik di Kota Kupang yang belum melakukan penyesuaian harga.

"Ya ini kan bau mulai diterapkan harganya, kami berikan dulu kesempatan kepada RS atau klinik yang belum lakukan penyesuaian harga setelah itu jika belum berubah juga akan ditindak," tambah dia.

Lebih lanjut, kata dia, pelaporan penyesuaain harga ini hanya berlaku bagi yang reguler, tetapi bagi yang melakukan tes PCR karena buru-buru atau butuh cepat dan harganya di atas dari harga yang sudah ditetapkan pemerintah, maka hal itu tidak akan diakomodir.

Baca juga: Polda NTT terjunkan tim pantau tarif tes PCR

Baca juga: Tarif tes PCR di bandara El Tari sudah Rp300 ribu