Arus balik Lebaran di pelabuhan penyeberangan Bolok meningkat

id ARUS BALIK

Arus balik Lebaran di pelabuhan penyeberangan Bolok meningkat

Para pemudik Lebaran 2018, mulai berdatangan di Kota Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan menggunakann KMP Ile Boleng. Kapal feri tersebut mengangkut sekitar 326 orang pemudik dari Lembata dan Adonara tiba di Pelabuhan Penyeberangan Bolok Kupang, Rabu (20/6). (ANTARA Foto/Benny Jahang)

Jumlah arus balik penumpang yang mudik Lebaran 2018 di Pelabuhan Penyeberangan Feri, Bolok Kupang, Nusa Tenggara Timur, mulai meningkat pada H+5, Rabu (20/6).
Kupang (AntaraNews NTT) - Jumlah arus balik penumpang yang mudik Lebaran 2018 di Pelabuhan Penyeberangan Feri, Bolok Kupang, Nusa Tenggara Timur, mulai meningkat pada H+5, Rabu (20/6).

"Arus balik penumpang Lebaran di Pelabuhan Penyeberangan Feri Bolok mulai meningkat khususnya menuju Pulau Rote," kata Kasubag Humas Polres Kupang Iptu Simon Seran ketika ditemui di pelabuhan Feri Bolok, Rabu (20/6).

Ia mengatakan, arus balik dari Kota Kupang menuju pulau terselatan di Indonesia itu mulai berlangsung Rabu menggunakan dua kapal feri dengan jumlah penumpang sebanyak 450 orang.

Simon yang juga sebagai koordinator pengamanan Operasi Ketupat di pos gabungan pengamanan di Pelabuhan Feri Bolok mengatakan, para penumpang arus balik menuju Pulau Rote diangkut dengan dua kapal feri yaitu KMP Ile Labalekang yang mengangkut 158 penumpang dengan 21 unit sepeda motor serta tiga unit kendaraan roda empat dan dua unit kendaraan roda enam.

Sementara itu KMP Ile Mandiri mengangkut 247 penumpang serta 27 sepeda motor dan dua unit kendaraan roda empat dan dua unit kendaraan roda enam.

Baca juga: Arus balik di pelabuhan Tenau mencapai 26.534 penumpang

Simon mengatakan, arus balik dari Kupang menuju Pulau Rote sangat padat setelah ASDP Kupang membuka kembali penyeberangan Feri ke Rote setelah sempat terhenti selama tiga hari akibat cuaca buruk.

Sementara itu arus balik dari Pulau Flores tujuan Kupang mulai terjadi pada Rabu dengan kedatangan KMP Ile Boleng mengangkut 326 orang penumpang mudik dari Lembata. Dikatakannya, arus balik penumpang di Pelabuhan Bolok diprediksikan akan terus meningkat hingga Minggu (24/6).

"Tim gabungan operasi ketupat 2018 dalam kondisi siaga guna mengantisipasi segala kemungkinan terjadi gangguan keamanan selama arus balik berlangsung di Pelabuhan Bolok," tegas Simon.