Pemkot Kupang perketat pengawasan distribusi air tangki

id Herman

Pemkot Kupang perketat pengawasan distribusi air tangki

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man.

Pemerintah Kota Kupang akan memperketat pengawasan distribusi air bersih melalui mobil tangki kepada para konsumen di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur guna mengetahui kualitas air minum yang didistribusi tersebut.
Kupang (AntaraNews NTT) - Pemerintah Kota Kupang akan memperketat pengawasan distribusi air bersih melalui mobil tangki kepada para konsumen di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur guna mengetahui kualitas air minum yang didistribusi tersebut.

"Pemeriksaan ini dilakukan sebagai bentuk pengawasan dari pemerintah dalam menjamin kebutuhan air minum yang bersih dan sehat bagi masyarakat di Kota Kupang," kata Wakil Wali Kota Kupang Herman Man kepada Antara di Kupang, Kamis (21/6).

Herman menjelaskan pemeriksaan terhadap kualitas air minum menjadi fokus pemeriksaan dilakukan Dinas Kesehatan Kota Kupang. "Suatu saat semua mobil tangki air yang beroperasi di Kupang akan dihentikan di tengah jalan untuk menjalani pemeriksaan kualitas air," ujarnya.

Ia menjelaskan Dinas Kesehatan memiliki parameter dalam menentukan derajat kesehatan kualitas air sehingga air minum yang didistribusikan untuk konsumsi masyarakat bebas dari bakteri dan zat berbahaya lainnya.

Menurut Herman, apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya zat berbahaya dalam tangki mobil tersebut maka pemerintah akan melarangnya untuk mendistribusikan kepada para konsumen.

"Masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses terhadap air bersih harus tetap mendapat air minum yang sehat selama musim kemarau melanda daerah ini," katanya menegaskan.

Baca juga: Reservoir antisipasi krisis air bersih