Lima calon DPD Dapil NTT mendaftar

id Yosafat

Lima calon DPD Dapil NTT mendaftar

Juru bicara KPU NTT Yosafat Koli

"Pada hari pertama pembukaan pendaftaran, ada lima calon anggota DPD yang mendaftar," kata Agus Ola Paun.
Kupang (AntaraNews NTT) - Sebanyak lima calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk pemilu 2019, telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Pada hari pertama pembukaan pendaftaran, ada lima calon anggota DPD yang mendaftar," kata Kasubag Program dan Teknis Penyelenggaraan Pilkada KPU Provinsi NTT, Agus Ola Paun, Senin (9/7).

Lima calon yang sudah mendaftar itu adalah Martinus Siki, Sarah Lery Mboeik, Abraham Paul Liyanto, Ny.Hilda Manafe dan Agustinus Lesek.

Berdasarkan hasil verifikasi faktual terhadap bakal calon, dari 37 bakal calon, masih ada 11 bakal calon yang belum memenuhi syarat.

Mereka yang belum memenuhi syarat ini masih perlu melakukan perbaikan kembali, sementara 26 bakal calon sudah memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai calon.

Baca juga: Verifikasi faktual bakal calon DPD gunakan sampel

"Bakal calon seluruhnya berjumlah 37 orang. 11 belum memenuhi syarat dan 26 bakal calon sudah memenuhi syarat dan sudah bisa mendaftar," katanya.

Dia menambahkan, pembukaan pendaftaran akan berlangsung hingga 11 Juli pukul 24.00 WITA.

Juru Bicara KPU Provinsi NTT, Yosafat Koli secara terpisah menjelaskan, verifikasi faktual syarat bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menggunakan metode sampel.

"Verifikasi faktual menggunakan sampel yakni 10 persen dari dukungan yang diserahkan bakal calon kepada KPU," kata Yosafat Koli.

Dia menjelaskan, dari 10 persen sampel yang diambil ada mekanismenya yakni basis penentuan 10 persen itu adalah kabupaten/kota.

"Untuk menentukan sampel awal itu berdasarkan nomor urut yang diambil bakal calon. Sampel awal itu kami siapkan angka-angka," katanya.

Menurut dia, banyaknya angka sesuai dengan angka terakhir dari jumlah dukungan dari kabupaten setiap kabupaten.

Kota Kupang misalnya, pendukung bakal calon A jumlahnya 357, maka kami akan mengambil 10 persen dari jumlah dukungan tersebut, katanya menambahkan.

Baca juga: Empat bakal calon DPD NTT gugur administrasi