4.190 calon mahasiswa lolos seleksi SBMPTN

id Undana

4.190 calon mahasiswa lolos seleksi SBMPTN

Kepala Humas Undana Kupang David Sir

Sebanyak 4.190 calon mahasiswa baru dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang tahun 2018. 
Kupang (AntaraNews NTT) - Sebanyak 4.190 calon mahasiswa baru dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang tahun 2018. 

"Pada awalnya yang mendaftar mencapai 12.336 peserta, namun pada akhirnya yang lulus masuk Undana mencapai  4.190 calon mahasiswa baru," kata Kepala Hubungan Masyarakat Undana Kupang David Sir kepada Antara di Kupang, Kamis (12/7) terkait perkembangan hasil akhir penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur SBMPTN yang dilakukan oleh Undana.

Ia mengatakan 4.190 calon mahasiswa yang lulus itu diseleksi setelah melalui ujian berbasis kertas serta komputer yang tersebar di 47 program studi. "Tahun ini seleksinya sangat ketat, dan hasilnya adalah 4.190 calon mahasiswa yang diterima," tambahnya.

Selain yang mengikuti SBMPTN, ujarnya, ada kurang lebih 1.895 calon mahasiswa yang juga mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Namun dari jumlah tersebut hanya ada 1.532 calon mahasiswa yang melakukan registrasi ulang agar bisa diterima masuk perguruan tinggi.

Lebih lanjut David mendambahkan pada dasarnya kuota yang disiapkan oleh setiap program studi berbeda dengan program studi lainnya. "Namun secara keseluruhan Undana menargetkan menerima 8.400 mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2018/2019," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Kupang salurkan beasiswa untuk 2.000 mahasiswa

Artinya bahwa pascapenerimaan jalur SNMPTN dan SBMPTN dilakukan, Undana membuka penerimaan mahasiswa baru dari jalur mandiri. "Jika semua mahasiswa yang lolos SBMPTN melakukan regis, maka kuota untuk jalur mandiri sebanyak 2.678 mahasiswa wajib diterima Undana,” tambahnya.

Pendaftaran jalur mandiri sendiri saat ini sudah ditutup, karena sudah dibuka sejak 3-10 Juli 2018. Selanjutnya akan melakukan ujian tulis Selasa (17/7), kemudian melakukan tes kesehatan mulai dari Rabu (18/7) hingga Kamis (19/7) dan pengumuman kelulusan akan dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2018.

Ketkka ditanya terkait perbandingan dengan tahun sebelumnya, menurutnya, animo masyarakat mengalami peningkatan. Misalnya, pada prodi kedokteran, PGSD dengan jumlah peminat mencapai 1.365 orang, sementara kuota SBMPTN hanya 34 orang. 

Untuk jalur mandiri, tambahnya, akan ditambahkan satu program baru pada jalur mandiri yakni pendidikan vokasi teknik pembuatan tenun ikat. Untuk itu, diharapkan agar prodi ini pun bisa mendapat animo masyarakat sehingga minimal bisa mendapat satu kelas. 

Baca juga: Radikalisme kampus akibat pola tandingan mahasiswa versus negara