Asian Games - Panglima TNI minta masyarakat sukseskan Asian Games

id Panglima

Asian Games - Panglima TNI minta masyarakat sukseskan Asian Games

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kedua kanan) didampingi Kapolda NTT Irjen Pol Raja Erizman (kedua kiri) dan Komandan Lanud El Tari Kolonel Pnb Arief Hartono saat tiba di Lanud El Tari Kupang, Rabu (25/7). (Foto Antara/Kornelis Kaha)

"Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia agar Asian Games bisa berjalan dengan aman dan lancar," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
Kupang (AntaraNews NTT) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meminta dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia untuk menyukseskan jalannya even olahraga terbesar Asian Games yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018.

"Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia agar Asian Games bisa berjalan dengan aman dan lancar," katanya kepada wartawan di Kupang, Rabu (25/7), sebelum bertolak ke Darwin, Australia Utara.

Hal ini disampaikannya ketika berada di Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang, selama kurang lebih satu jam sebelum bertolak ke Australia.

Orang nomor satu di kalangan TNI itu mengatakan bahwa ia telah menutup kegiatan Mitigasi Teroris Asian Games pada Rabu (25/7) pagi yang tujuannya untuk mengantisipasi teror selama jalannya pergelaran Asian Games 2018.

"Pelatihan itu penting agar rasa aman bisa dirasakan oleh para atlet, official, dan seluruh penonton dalam dan luar negeri," tambahnya.

Baca juga: Indonesia kirim 8 pesawat tempur ke Australia

Selain menutup kegiatan tersebut Marsekal Hadi juga mengaku dirinya sudah mengecek asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan di Palembang yang tentu saja kalau dibiarkan akan berpengaruh pada jalannya pertandingan di Asian Games di Palembang.

Di Palembang juga, kata dia, baik TNI dan Polri sinergis menggelar mitigasi untuk memghadapi kebakaran hutan dan lahan kering guna mencegah terganggunya pergelaran Asian Games.

"Kita berharap perhelatan olahraga bergengsi ini dapat berjalan dengan baik dan tanpa adanya gangguan apa pun," katanya menegaskan.

Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah Asian Games setelah pada tahun 1962 pernah menjadi tuan rumah olahraga multicabang itu.

Untuk Asian Games 2018 ini akan ada 45 negara yang akan ikut. Dengan rincian atlet dan officialnya kurang lebih mencapai 11.000 orang. Dengan 465 nomor pertandingan di 40 cabang olahraga.

Baca juga: Marsekal TNI Hadi Tjahjanto hadiri kegiatan Pitch Black RAAF