23 peserta SMN dari Manado tiba di Kupang

id Smn

Puluhan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Manado, Sulawesi Utara, diterima di Markas Korem 161/Wira Sakti Kupang, di Kupang, Kamis. (9/8). (Foto: Antara/Asis Lewokeda)

Peserta siswa mengenal nusantara 2018 dari Manado tiba di Kupang, Rabu (8/7) malam
Kupang (AntaraNews NTT) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2018 dari Manado, Sulawesi Utara, telah tiba di Kupang, Nusa Tenggara Timur untuk menjalani berbagai kegiatan program SMN di daerah setempat. 
   
"Para peserta SMN dari Manado sudah tiba tadi malam (Rabu, 8/8) sekitar Pukul 22.00 Wita. Ada 23 siswa bersama 3 orang pendamping 2 orang dari pihak PLN Manado," kata Deputi Bisnis PT Pegadaian  Area Kupang I Ketut Winata kepada Antara di Kupang, Kamis. 
   
Selama berada di Kupang, puluhan peserta itu akan mengikuti berbagai kegiatan mengenal nusantara sekitar delapan hari yang difasilitasi pihak PT Pegadaian (Persero) Area Kupang selaku penanggung jawab program SMN tahun 2018 di Wilayah NTT. 
   
Peserta dijadwalkan memulai kegiatan pertama pada Kamis (9/8) dengan agenda kegiatan yaitu dua hari bersama TNI yang terpusat di Markas Korem 161/Wira Sakti Kupang. 
   
"Bersama TNI para peserta akan diajarkan berbagai materi seperti cinta Tanah Air, memiliki kemampuan bela negara, bhineka tunggal ika, ketahanan negara dan sebagainya," katanya.
   
Selanjutnya, peserta juga akan mengunjungi berbagai lokasi seperti museum, taman baca, tempat produksi alat musik sasando. Selain itu, mengunjungi sekolah, lokasi BUMN seperti PT Pegadaian (Persero), PT Asabri, dan PT Garam (Persero).

Baca juga: Peserta SMN dari NTT diberangkatkan ke Manado   

Winata mengatakan, peserta juga dijadwalkan akan berkunjung ke Pulau Rote yang merupakan wilayah terselatan NKRI itu pada Sabtu (11/8).
   
Di Pulau Rote, peserta akan dibawa ke berbagai destinasi wisata unggulan di beranda terdepan NKRI itu seperti wisata Gerbang Batu Pantai Oeseli, Pantai Nembrala, dan Bukit Mando,o. 
   
Ia mengatakan, selama menjalani kegiatan mengenal nusantara, para peserta juga tinggal secara menyebar di rumah warga sehingga bisa belajar dan merasakan langsung budaya dan kehidupan masyarakat setempat. 
   
Ia menambahkan, kegiatan SMN menjadi kesempatan berharga bagi generasi muda untuk mengenal dan memahami bahwa Indonesia merupakan negara yang luas dan memiliki berbagai kekayaan yang unik dan beranekaragam. 
     
"Harapan kami generasi muda semakin mengenal dan memahami kekayaan dan keanekaragaman yang ada di berbagai daerah sehingg semakin besar pula rasa kecintaannya terhadap NKRI," katanya.

Baca juga: Peserta SMN-2018 diharapkan populerkan pariwisata NTT
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar