Labuan Bajo dilengkapi kapal pengangkut air & sampah

id Bupati

Labuan Bajo dilengkapi kapal pengangkut air & sampah

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula

Labuan Bajo segera mendapat bantuan dari pemerintah pusat berupa dua armada kapal pengangkut air dan sampah yang akan beroperasi di ujung barat Pulau Flores itu.
Kupang (AntaraNews NTT) - Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula mengatakan daerahnya segera mendapat bantuan dari pemerintah pusat berupa dua armada kapal pengangkut air dan sampah yang akan beroperasi di Labuan Bajo dan sekitarnya.

"Kami sedang menunggu sekarang, dua kapal bantuan dari pusat untuk mengangkut air dan sampah untuk dioperasikan di Labuan Bajo dan sekitarnya," kata Agustinus Ch Dula ketika dihubungi Antara dari Kupang, Kamis (23/8).

Ia mengatakan bantuan kapal itu untuk mendukung kegiatan wisata para delegasi rapat tahunan IMF-Bank Dunia di Bali pada Oktober 2018, yang akan berkunjung ke Manggarai Barat setelah kegiatan itu.

Agustinus menjelaskan kapal pengangkut air akan dimanfaatkan untuk mendistibusikan air bersih dari Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat ke pulau-pulau sekitarnya sampai di dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Sedang, kapal pengangkut sampah akan digunakan untuk mengambil sampah di pulau-pulau maupun operasi pembersihan di perairan untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir di Labuan Bajo.
 
Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat di Pulau Flores, NTT.


Ia mengatakan, pihaknya terus membenahi berbagai infrastruktur untuk menyambut kegiatan IMF-Bank Dunia dengan banyak dukungan dari pemerintah pusat.

Saat ini, kata dia, sejumlah infrastruktur sedang dibangun seperti tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, pembangunan jalan, maupun pengembangan Bandara Komodo di Labuan Bajo.

"Nanti ada lagi dermaga niaga baru yang akan dibangun pada tahun depan. Sedang, yang tengah dikerjakan saat ini adalah pelabuhan Marina," katanya.

Selain itu, para investor juga sedang membangun fasilitas perhotelan untuk mendukung kunjungan ribuan peserta IMF-Bank Dunia yang akan berkunjung ke Labuan Bajo pada Oktober 2018.

Ia berharap, berbagai infrastruktur pendukung yang sedang dibangun saat ini, secara bertahap dapat mengimbangi kebutuhan kunjungan wisatawan yang terus membludak di Labuan Bajo maupun Taman Nasional Komodo (TNK).
Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat di Pulau Flores, NTT.