Kemensos berikan santunan bagi korban bencana di Kabupaten Kupang

id NTT,bencana alam

Kemensos berikan santunan bagi korban bencana di Kabupaten Kupang

Bupati Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno menyerahkan santunan bagi empat orang ahli waris korban bencana alam yang terjadi pada Februari 2022 lalu, Senin (20/6/2022). (ANTARA/Benny Jahang)

...Santunan tak dapat mengembalikan mereka yang telah pergi tapi setidaknya pemerintah tidak menutup mata dan telinga terhadap mereka yang berduka akibat ditinggal oleh sanak keluarga
Kupang (ANTARA) - Kementerian Sosial Republik Indonesia memberikan santunan senilai Rp60 juta bagi empat korban yang meninggal dunia akibat bencana alam banjir yang terjadi di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Februari 2022 lalu.

"Kami mengapresiasi kepada Kementerian Sosial RI karena bentuk perhatiannya telah membantu memberikan santunan sebesar Rp15 juta kepada masing-masing ahli waris korban bencana alam di Kabupaten Kupang," kata Bupati Kupang, Korinus Masneno di Oelamasi, Senin, (20/06/2022).

Ia mengatakan hal itu saat menyerahkan santunan bagi ahli waris dari empat korban yang meninggal dunia dalam peristiwa banjir di Kabupaten Kupang.

Santunan tersebut diserahkan secara langsung Bupati Kupang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha dan Asisten II Sekda Kabupaten Kupang, Mesak Soleman Elfeto.

"Santunan tak dapat mengembalikan mereka yang telah pergi tapi setidaknya pemerintah tidak menutup mata dan telinga terhadap mereka yang berduka akibat ditinggal oleh sanak keluarga,"katanya.

Menurut Bupati Korinus Masneno santunan yang diberikan itu tidak seberapa, namun sekiranya santunan ini sedikit mengurangi penderitaan keluarga.

Dia berharap warga di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste itu selalu waspada saat memasuki musim penghujan.

Menurut dia kewaspadaan yang tinggi ketika hadapi bencana yang tiba-tiba dan tak terduga sangat penting guna meminimalisir adanya korban jiwa.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kupang, Anis Masneno menyebutkan bahwa pada bulan Februari hingga Maret Tahun 2022 Kabupaten Kupang mengalami puncak musim hujan yang mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Kupang terdampak bencana banjir.

Ia mengatakan bencana banjir tahun ini mengakibatkan empat warga Kabupaten Kupang di tiga wilayah terpisah yakni Abraham Nofu di Desa Naitae, Kecamatan Fatuleu Barat, Elisabeth Abani di Desa Tanah Putih, Kecamatan Kupang Timur, dan dua korban jiwa yaitu Melanton Tiran dan Desiyani Tiran di Desa Nekbaun, Kecamatan Amarasi Barat.


Baca juga: Artikel - Gerak cepat Kemensos bantu korban tanah bergerak di Manggarai Barat

Baca juga: Mensos pertajam pemberdayaan di kawasan perbatasan NTT

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemensos berikan santunan korban bencana di Kabupaten Kupang