68 peserta ikuti turnamen berselancar di Pulau Rote

id Benny

68 peserta ikuti turnamen berselancar di Pulau Rote

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata NTT Benny Wahon (ANTARA Foto/ist)

"Turnamen berselancar ini untuk ketiga kali digelar melalui kerja sama Dinas Pariwisata NTT dengan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao untuk menumbuhkan minat wisata minat khusus di daerah itu," kata Benny Wahon.
Kupang (AntaraNews NTT) - Sebanyak 68 peserta asing dan dalam negeri akan mengikuti turnamen berselancar (surfing) di Perairan Pantai Boa, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur dari 24-26 September 2018.

"Puluhan peserta turnamen surfing ini didominasi peserta lokal sebanyak 52 orang bersama peserta asing ada 16 orang," kata Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata NTT Benny Wahon di Kupang, Selasa (25/9).

Ia mengatakan, turnamen berselancar ini untuk ketiga kali digelar melalui kerja sama Dinas Pariwisata NTT dengan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao untuk menumbuhkan minat wisata minat khusus di daerah itu.

Menurutnya, wilayah Kabupaten Rote Ndao yang terletak di gerbang selatan Indonesia dan berbatasan dengan Australia itu memiliki potensi pariwisata yang besar dan cukup terkenal terutama dengan kekayaan pesona baharinya.

Ia mencontohkan seperti perairan sekitar Pantai Boa yang kali ini menjadi lokasi turnamen karena didukung ombak laut yang sangat menantang dan cocok untuk berselancar, selain Pantai Nemberala yang sudah terkenal itu.
Sekitar 68 peserta terlibat dalam olahraga selancar di Pulau Rote (ANTARA Foto/ist) 
Lokasi turnamen ini juga berada tidak jauh dari Pantai Nemberala yang merupakan destinasi unggulan di Pulau Rote. Wisata Pantai Nemberala juga pernah meraih juara umum dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2016 lalu dengan kategori lokasi berselancar terpopuler.

Benny mengatakan, melalui penyelenggaraan turnamen berselancar ini akan semakin memperkuat brand pariwisata bahari di daerah itu dan diharapkan semakin menumbuhkan kecintaan dan minat masyarakat akan wisata bahari.

"Selain itu memungkinkan masyarakat dan pelaku usaha untuk mengolahnya menjadi salah satu komoditi usaha pariwisata untuk meningkatkan ekonominya," katanya.

Ia menambahkan, Dinas Pariwisata provinsi terus mendorong agar melalui kegiatan seperti ini diikuti pula dengan pembenahan berbagai infrastruktur dan terutama sumber daya manusia di daerah wisata agar semakin kreatif dan profesional sebagai kunci utama membangun pariwisata.
Sekitar 68 peserta terlibat dalam olahraga selancar di Pulau Rote (ANTARA Foto/ist)