Rp40 miliar untuk bangun jalan di Manggarai Barat

id Labuan

Kota Labuan Bajo yang tampak dari ketinggian (ANTARA Foto/dok)

Kota Labuan Bajo di Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur sepertinya mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat, sehingga sebagian anggaran pembangunan diarahkan ke sana untuk menata kota wisata itu.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kota Labuan Bajo di Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur sepertinya mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat, sehingga sebagian anggaran pembangunan diarahkan ke sana untuk menata kota wisata itu.

"Saat ini sedang turun Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sekitar Rp40 miliar dari Jakarta untuk pembangunan jalan ke wilayah utara Labuan Bajo sekitar 40-an kilometer," kata Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dulla ketika dihubungi Antara dari Kupang, Rabu (10/10).

Ia mengatakan, jalan yang dimaksud akan terhubung dengan pelabuhan baru di wilayah Bari yang rencananya dibangun Kementerian Perhubungan pada 2019.

Pihaknya bersama pemerintah pusat telah membahas terkait pembangunan pelabuhan baru yang akan dimanfaatkan sebagai pelabuhan peti kemas.

Dijelaskannya, selain menghubungkan lokasi pelabuhan baru, pembangunan jalan itu juga membuka akses wilayah utara Flores sehingga objek-objek wisata di sekitarnya mudah dijangkau.

"Kemudian arus barang dan orang di wilayah utara Flores menuju Kota Labuan Bajo juga tentunya akan semakin lancar," katanya.

Baca juga: Labuan Bajo siap sambut tamu IMF-WB
Baca juga: Investasi wisata di Labuan Bajo Rp1,3 triliun


Ia mengemukakan, selain itu pemerintah juga telah membenahi infrastruktur jalan di dalam Kota Labuan Bajo yang sebentar lagi akan dikunjungi ribuan delegasi dari berbagai negara yang tergabung dalam IMF-Bank Dunia, setelah melaksanakan pertemuan tahunan di Bali, dari 8-14 Oktober 2018.

Tidak hanya jalan, tetapi juga infrastruktur pendukung lainnya seperti trotoar dan lampu jalan juga ditata untuk mempercantik Kota Labuan Bajo sebagi salah satu daerah wisata unggulan nasional yang terkenal dengan pulau-pulaunya yang eksostik itu.

Agustinus menambahkan, pembenahan jalan di dalam Kota Labuan Bajo sudah dilakukan sebelumnya dalam rangka menyambut kunjungan delegasi dana moneter internasional (IMF) dan Bank Dunia (WB) setelah kegiatan di Bali.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar