78 WBP Rutan Maumere terima remisi HUT RI

id WBP,rumah tahanan,rutan maumere,maumere,sikka,remisi,remisi umum,HUT RI,kemerdekaan RI

78 WBP Rutan Maumere terima remisi HUT RI

Penyerahan Remisi Umum bagi WBP Rutan Kelas II B Maumere oleh Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo didampingi oleh Kepala Rutan Kelas II B Maumere Antonius Semuki di Maumere, Sikka, NTT, Rabu (17/8/2022). (ANTARA/HO-Prokopim Sikka)

Besaran remisi yang diberikan negara terhadap narapidana tersebut berkisar satu hingga lima bulan...
Labuan Bajo (ANTARA) - Sebanyak 78 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang menjalani hukuman di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Maumere, Sikka, NTT mendapatkan remisi umum atau pengurangan masa hukuman dalam momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI tahun 2022.

"Besaran remisi yang diberikan negara terhadap narapidana tersebut berkisar satu hingga lima bulan," kata Kepala Rutan Kelas II B Maumere Antonius Semuki ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Jumat, (19/8/2022).

Remisi umum merupakan remisi yang diberikan negara setiap tahun bagi WBP dalam perayaan HUT RI.

Dia merinci, sebanyak 17 WBP menerima remisi satu bulan, 13 WBP  dua bulan, 14 WBP tiga bulan, 20 WBP  empat bulan, dan 14 WBP menerima remisi lima bulan. Para penerima remisi merupakan narapidana dengan kasus perlindungan anak dan perempuan, pembunuhan, pencurian, kecelakaan lalu lintas, dan ketertiban.

Jumlah WBP yang dibina di Rutan Kelas II B Maumere berjumlah 139 orang, terdiri dari  narapidana 111 orang dan tahanan 28 orang. Dari jumlah itu narapidana yang tidak mendapatkan remisi sebanyak 61 orang.

Antonius mengatakan pemberian remisi merupakan motivasi bagi WBP untuk bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Dia meminta WBP untuk berintrospeksi dan sungguh-sungguh menjalani masa hukuman dengan lebih baik di dalam rutan.

Dia pun berharap warga binaan yang mendapatkan remisi pada hari kemerdekaan bisa lebih cepat kembali berkumpul bersama-sama dengan keluarga.

"Bagi yang belum dapatkan remisi, pasti akan memperoleh remisi apabila telah memenuhi persyaratan minimal telah menjalani hukuman enam bulan. Negara selalu hadir untuk rakyatnya," ujar Antonius.

Baca juga: Ini pesan Mendagri untuk aparatur perbatasan pada upacara HUT ke-77 RI

Baca juga: PLN : 77 KK di NTT dapat bantuan listrik gratis di HUT RI