Kunjungan delegasi IMF-WB berdampak terhadap ekonomi NTT

id James Adam

Kunjungan delegasi IMF-WB berdampak terhadap ekonomi NTT

Pengamat Ekonomi Dr James Adam

"Kehadiran delegasi IMF-WB di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Pulau Flores sangat berdampak terhadap ekonomi masyarakat setempat," kata James Adam.
Kupang (AntaraNews NTT) - Pengamat ekonomi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur Dr James Adam menilai bahwa kehadiran delegasi IMF-WB di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Pulau Flores sangat berdampak terhadap ekonomi masyarakat setempat.

"Untuk jangka pendek kunjungan delegasi IMF-WB berdampak positif sebab ada pemasukan bagi hotel, restoran dan pelaku wisata selama mereka berkunjung," katanya kepada Antara di Kupang, Senin (22/10).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan kunjungan delegasi IMF-WB ke Labuan Bajo, usai menggelar pertemuan tahunan di Nusa Dua, Bali dari 8-14 Oktober 2018.

Selain itu, dampak positif jangka panjang juga ada ketika wisatawan delegasi IMF-WB itu mengekspos kesan positif mereka selama berlibur di Labuan Bajo, baik kepada publik di negera mereka maupun kepada teman, rekan kerja, dan keluarga mereka.

"Kunjungan delegasi IMF-WB secara khusus akan memberikan nilai tambah bagi pariwisata Indonesia sebab tentu akan menjadi perhatian dari 189 negara peserta maupun negara lain yang tidak ikut dalam pertemuan tahunan tersebut," tambahnya.

Pemerintah NTT sendiri, menurut dia, pasti mendapat keuntungan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: Manggarai Barat siapkan tujuh lokasi wisata untuk IMF-Bank Dunia

Paling tidak, kata dia, nama NTT mendunia dengan adanya kunjungan delegasi tersebut. Oleh karena itu Pemda NTT harus mempromosikan secara mendunia objek wisata yang ada apalagi untuk Labuan Bajo dan Pulau Komodo agar setiap calon wisatawan, baik secara individu maupun kelompok dapat mengetahuinya.

Pemda juga, kata dia, harus membantu infrastuktur pendukung yang belum tersedia agar bersama pengusaha pariwisata yang ada dapat memberikan pelayanan yang terbaik ke depan.

Dari sisi aspek ekonomi, ada penambahan pendapatan daerah secara tidak langsung dari kunjungan wisatawan hight class tersebut melalui jasa penyedia pariwisata yang ada di Labuan Bajo.