Danlanud El Tari: Pengamanan di NTT butuh sinergitas

id HUT TNI ke 77,NTT,Kota Kupang,Lanud El Tari Kupang

Danlanud El Tari: Pengamanan di NTT butuh sinergitas

Komandan Lanud El Tari Kupang  Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan saat mengecek pasukan dalam upacara peringatan HUT ke 77 TNI di Kupang. ANTARA/Kornelis Kaha

...Zaman semakin berubah dan berkembang, dalam hal pengamanan wilayah NTT yang berbatasan dengan dunia negara itu, butuh kerja semua pihak, katanya di Kupang, Rabu, (5/10/2022)
Kupang (ANTARA) - Komandan Lanud El Tari Kupang Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan mengatakan pengamanan wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan dengan dua negara, Timor Leste dan Australia, butuh kerja sinergitas.

"Zaman semakin berubah dan berkembang, dalam hal pengamanan wilayah NTT yang berbatasan dengan dunia negara itu, butuh kerja semua pihak," katanya di Kupang, Rabu, (5/10/2022).

Hal ini disampaikannya usai menjadi inspektur upacara dalam upacara peringatan HUT ke-77 TNI yang kali ini digelar di Lanud El Tari Kupang.

Petrus mengatakan bahwa ada banyak isu yang berkembang di negara ini, namun tentunya tidak semua diserahkan kepada TNI untuk menyelesaikan semuanya.

"Butuh kerja sama atau sinergitas, karena semuanya sudah dibagi-bagi oleh negara ini untuk menjaga negara ini," tambah dia.

Ia mengatakan bahwa TNI sendiri dipercaya untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan Indonesia dengan kedua negara itu dengan sejumlah sarana prasarana yang ada sesuai dengan perintah Presiden.

Petrus mengatakan berbatasan dengan dua negara khususnya dengan salah satu negara dibawah kendalinya negara AS tentunya mempengaruhi juga karakter dari pengamanan di wilayah perbatasan itu.

"Tentunya ini mempengaruhi karakter kita juga bagaimana mengelola dan mengantisipasi ancaman-aman yang akan terjadi," ujar dia.

Baca juga: Artikel - Menuntaskan agenda Revolution in Military Affairs

Ia mengatakan bahwa saat ini berdasarkan survei nilai yang didapat oleh TNI sangatlah sempurna sekali. Karena itu ia berpesan kepada anggota TNI untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi menyapa petugas pengamanan di empat titik perbatasan dan terluar

"Prosentase itu sudah sempurna sekali, karena itu kami harapkan masyarakat di NTT untuk membantu dan mengawal kami agar kami pun tetap menjadi TNI yang menjaga dan melindungi masyarakat," tambahnya.