Palangka Raya (ANTARA) - ra peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Sumatera Selatan tampak bersemangat usai mengikuti rangkaian kegiatan bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Palangka Raya Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah,

Salah satu peserta SMN,  Thesa Fitriani saat ditemui di Palangka Raya, Jumat mengaku mendapatkan banyak manfaat selama berkegiatan dengan TNI, baik berupa penambahan wawasan hingga ilmu pengetahuan baru.

"Saya tambah semangat untuk meraih cita-cita," ucapnya seraya mengatakan karena badan saya kecil, jadi tidak memungkinkan menjadi seorang TNI.
Baca juga: Peserta SMN Sumsel antusias mengenal calon ibu kota negara

Namun ingin menjadi seseorang yang berpengaruh di Indonesia, baik dalam hal perekonomian maupun pertahanan negara, ujarnya.

Rangkaian yang ia dan peserta lainnya ikuti cukup menguras tenaga, namun hal itu tak dirasakan sebagai beban, karena semuanya sangatlah menyenangkan dan menarik. Selain peningkatan ragam pengetahuan, mental mereka juga turut diperkuat.

Sementara itu, peserta SMN Sumsel lainnya Syarif Hidayat juga mengungkapkan hal serupa, yakni banyaknya manfaat yang dirinya terima selama mengikuti rangkaian kegiatan di Palangka Raya, khususnya bersama TNI.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya dan merupakan kesempatan bagus, sebab saya memiliki cita-cita ingin menjadi anggota TNI atau pun Polri," ungkap siswa asal SMA Negeri 1 Lubuk Linggau tersebut.
Baca juga: BUMN Hadir- Peserta SMN Kalteng kembali ke Palangkaraya

Syarif mengaku, selama kegiatan dirinya mendapatkan banyak pencerahan, termasuk tentang bela negara. Bela negara tak hanya dilakukan saat terjadinya peperangan, namun juga diwujudkan dalam banyak hal lainnya.

Ia pun berjanji, akan mengikuti seluruh kegiatan SMN hingga tahap akhir dengan baik, sehingga ilmu pengetahuan yang didapat juga benar-benar optimal. Agar setelah selesai dan kembali pulang, ia bisa membagikan pengalaman positifnya itu kepada teman-temannya.

Selama kegiatan bersama TNI sejak 15-16 Agustus 2019, peserta SMN Sumsel diberikan pengetahuan tentang bela negara, wawasan kebangsaan dan lainnya yang berkaitan. Mereka juga diajari cara menghadapi berbagai serangan yang dapat mengancam ideologi hingga konflik nyata.baca juga: SMN kuatkan karakter nasionalis generasi muda di Kalteng

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019