Lomba balap sarung PDIP, Hasto kalahkan Jarot

id Hasto kristiyanto, pdip, hut kemerdekaan

Lomba balap sarung PDIP, Hasto kalahkan Jarot

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) mengikuti lomba balap sarung pada peringatan kemerdekaan RI, di Lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berhasil mengalahkan jajaran petinggi PDIP lainnya, termasuk Djarot Saiful Hidayat dalam lomba balap sarung yang digelar memperingati kemerdekaan ke-74 RI.

Suasana meriah itulah yang tergambar pada peringatan kemerdekaan RI yang digelar PDIP di Lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu.

Kegiatan peringatan kemerdekaan RI diawali dengan upacara bendera yang dipimpin Hasto sebagai inspektur upacara.

Upacara dipimpin langsung oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Baca juga: Pandangan Jokowi dan PDIP soal amandemen ada kesamaan fundamental

Baca juga: DPR minta pemerintah segera ajukan RUU Pemindahan Ibu Kota

Baca juga: Aria Bima: Pemerintah harus fokus tingkatkan SDM di era industri 4.0


Upacara yang diikuti ribuan kader dan simpatisan partai berlangsung khidmat dan meriah. Terlihat warna merah dan hitam warna khas PDIP dominan di lapangan.

Tampak hadir, mendampingi Hasto Kristiyanto antara lain Djarot sebagai Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Ketua Bidang Koperasi dan peningkatan Kesejahteraan Rakyat Mindo Sianipar, Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi, Sukur Nababan.

Kemudian, Ketua Bidang Kesehatan dan Anak Sri Rahayu dan Ketua Bidang Pangan, Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup, I Made Urip serta Ahmad Basarah.

Hadir pula, kader sekalius mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Upacara juga dihadiri seluruh Ketua DPD dan DPC PDI Perjuangan.

Upacara kemerdekaan RI yang dilaksanakan PDIP berlangsung khidmat, diiringi dengan pengibaran bendera Merah Putih dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan.

Kemudian, pembacaan Teks Proklamasi yang dibacakan oleh Chica Koeswoyo dam pembacaan teks Pancasila oleh Tina Toon.

Upacara peringatan kemerdekaan juga menampilkan "warna warni" kebudayaan dengan kehadiran peserta yang mengenakan pakaian adat nusantara dari berbagai daerah di Indonesia.

Setelah upacara, di lokasi yang sama digelar berbagai macam perlombaan yang diikuti kader dan simpatisan partai, termasuk Hasto dan sejumlah pengurus DPP yang hadir.

Hasto mengatakan bahwa pihaknya pada peringatan 17 Agustus ini memang menggelar banyak perlombaan, di antaranya lomba makan kerupuk, kelereng, egrang dan balap sarung, dan seluruh permainan yang tumbuh dari kerakyatan.

"Hari ini dengan penuh antusias, dengan semangat patriotisme, api perjuangan yang menyala-nyala, kami mengadakan upacara dan lomba dalam rangka memperingati kemerdekaan RI," kata Hasto.

Hasto melanjutkan, biasanya PDIP menggelar acara kemerdekaan di kantornya di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Namun, karena ada pembangunan Masjid At-Taufik maka acara tahunan tersebut digelar di Lapangan Blok S.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar