Saham Tokyo naik karena kekhawatiran prospek ekonomi global berkurang

id saham Tokyo,indeks Nikkei,indeks Topix

Saham Tokyo naik karena kekhawatiran prospek ekonomi global berkurang

Seorang pria memandang pergerakan saham pada layar monitor di Bursa Efek Tokyo, Jepang. ANTARA/Reuters/Kim Kyung-Hoon/aa

Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Tokyo ditutup lebih tinggi pada perdagangan Senin, karena kekhawatiran baru-baru ini atas resesi ekonomi global berkurang oleh harapan pasar untuk langkah-langkah stimulus dari bank-bank sentral utama di Eropa dan Asia.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) bertambah 144,35 poin atau 0,71 persen, dari tingkat penutupan Jumat (16/8), menjadi mengakhiri perdagangan di 20.563,16 poin. Namun angka tersebut lebih rendah dari pembukaan yang menguat 170,13 poin atau 0,83 persen menjadi diperdagangkan di 20.588,94 poin.

Saham-saham Tokyo dibuka menguat pada perdagangan Senin pagi, didukung petunjuk positif dari Wall Street akhir pekan lalu dan investor membeli kembali saham-saham yang telah turun tajam pekan lalu.

Sementara itu, indeks Topix yang lebih luas dari semua saham papan utama di pasar Tokyo naik 9,04 poin atau 0,61 persen, menjadi berakhir pada 1.494,33 poin. Angka penutupan ini sedikit lebih kuat dari pembukaan yang menambahkan 8,64 poin atau 0,58 persen menjadi diperdagangkan di 1.493,93 poin.

Saham-saham produk minyak dan batu bara, perusahaan sekuritas dan saham-saham yang terkait dengan perbankan mendapatkan paling banyak keuntungan pada penutupan perdagangan.

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar