Gubenur : Mari kita jaga Sulsel

id Gubenur sulsel,Asrama Cendrawasih Papua,Makassar,Sulawesi selatan,Pascakericuhan,Warga Papua

Gubenur : Mari kita jaga Sulsel

Sejumlah warga Papua di Jalan Rappocini, bersiap dibawa ke Asrama Cenderawasih Papua untuk mendapat jaminan keamanan di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (19/8/2019). FOTO/Darwin Fatir.

Makassar (ANTARA) - Gubenur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah meminta masyarakat untuk sama-sama menjaga Sulsel agar tetap aman dan damai pascabentrokan di asrama Cendrawasih Papua, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Mari kita jaga kedamaian di Sulsel. Saya, pak Wali, pak Kapolda dan pak Kapolrestabes menjamin keamanan. ini bukan sesuatu hal yang besar, hanya kesalahpahaman saja," ujar Nurdin di sela kunjungan ke Asrama Cenderawasih, Papua, Senin malam.

Sejauh ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak keamanan TNI-Polri untuk menjaga kondisi di Sulsel tetap kondusif. Selain itu, warga Papua yang ada di Makassar, baik yang kos maupun yang ada di asrama supaya dijaga agar semua berjalan aman dan damai.

"Makanya kita minta datanya, dimana lagi ada warga Papua agar dijaga keamanannya," tegas mantan Bupati Kabupaten Bantaeng itu kepada wartawan.

Baca juga: Gubernur Sulsel jamin keamanan warga dan mahasiswa Papua

Nurdin mengemukakan, dari laporan yang diterima, kejadian itu hanya bentuk kesalahpahaman, sebab ada sekelompok orang datang ke Asrama Papua untuk menyampaikan secara baik, dan santun, namun terjadi salah pengertian sehingga terjadi hal seperti ini.

"Cuma kesalahpahaman. Ada warga kita menyampaikan bahwa tidak usah ragu, di Makassar aman, masyarakatnya santun, keamanan terjaga," katanya.

Saat ditanyakan apakah ada evakuasi bagi warga Papua, Gubenur menegaskan tidak ada evakuasi, dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan semua dalam keadaan aman dan damai di Makassar.

"Untuk penjagaan ini sampai aman, penjagaan sampai tenang. Makanya kita butuh datanya (warga Papua), baru dicatat warga. Tidak usah ragu, pak Kapolda sudah memberikan penegasan, kita jamin keamanan di Sulsel," sebutnya.

Baca juga: Siber Bareskrim dalami akun medsos penyebar konten provokasi

Ia juga telah berbicara dengan perwakilan warga Papua di Asrama Cenderawasih, bahwa mereka datang ke Sulsel untuk menimba ilmu tidak berbuat macam-macam.

"Mereka minta jaminan keamanan, mereka juga menyampaikan ke saya, kami ke sini bukan cari masalah, kami mau belajar," ucapnya.

Baca juga: IKBPS: Warga Papua di Surabaya dalam keadaan baik

Hingga saat ini, aparat kepolisian terus bekerja mengamankan situasi dengan mengumpulkan warga Papua yang berada di Makasar untuk ditampung sementara di Asrama Cendrawasih Papua, Jalan Lanto Daeng Pasewang yang merupakan induk asrama mereka di Makassar sampai keadaan benar-benar aman.

Berdasarkan pantauan, situasi saat ini sudah aman dan kondusif, puluhan polisi dan tentara masih terlihat berjaga-jaga di lokasi Asrama Papua setempat. Sebelumnya, sempat terjadi kericuhan di depan Asrama Papua Senin petang yang diduga akibat kesalahpahaman.
 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar