NTB Expo 2019 diharapkan jadi penyambung jejaring usaha

id Gubernur NTB,Zulkieflimansyah,NTB Expo 2019,Penyambung Jejaring Usaha,UMKM

NTB Expo 2019 diharapkan jadi penyambung jejaring usaha

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Zulkieflimansyah (kedua dari kanan) bersama istri, Hj. Niken Saptarini Widyawati (tengah) didampingi Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri (kiri), Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Suparno (kanan) saat membuka secara resmi kegiatan NTB Expo 2019, bertempat di Pelataran Utama Islamic Center Mataram, Kamis (29/8/2019). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah berharap kegiatan NTB Expo 2019 bukan hanya menjadi ajang promosi dan pemasaran produk akan tetapi dapat dimanfaatkan pula sebagai tempat menyambung jejaring usaha dan kenalan.

"Expo ini mudah-mudahan menjadi tempat kita bersenang-senang, bertemu sahabat lama, kerabat dan mudah-mudahan banyak manfaat lain yang bisa kita hadirkan di tempat expo ini," kata Zulkieflimansyah di Mataram, Jumat.

Zulkieflimansyah menginginkan kegiatan NTB Expo dapat meningkatkan pembinaan usaha kecil dan menengah yang ada di NTB.  "Insya Allah NTB Expo kali ini menjadi yang berbeda," ucapnya.

Sementara Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Suparno menjelaskan Indonesia memiliki potensi yang unggul dalam berbagai hal. Antara lain, dalam bidang kerajinan, fasyen, pangan serta pariwisata.

"Untuk itu semangat berkarya dan berkreasi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah perlu mendapat perhatian dan fasilitasi dari berbagai pihak," tutur Suparno.

Suparno melanjutkan peningkatan kualitas produksi yang dihasilkan oleh koperasi usaha kecil dan menengah kedepannya agar lebih diperhatikan. Utamanya di era globalisasi yang kian terbuka setiap tahunnya.

"Para pelaku koperasi usaha kecil mikro dan menengah dituntut untuk terus menerus menggali serta mengembangkan budaya untuk meningkatkan keunikan karya budaya lokal yang dimiliki saat ini," ujarnya.

Kegiatan NTB Expo diharapkan mampu menjadi media inspiratif, edukasi, pengembangan wawasan dan jejaring usaha, serta memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi pengembangan kinerja koperasi usaha kecil dan menengah di Indonesia.

"Semoga pameran ini menjadi salah satu pintu gerbang menguatnya produk koperasi usaha mikro kecil dan menengah di pasar lokal maupun di pasar global, serta meningkatkan perekonomian di NTB pada khususnya," tegasnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah H. Lalu Saswadi, menyampaikan NTB Expo 2019 merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT RI ke 74 dan Hari UMKM Nasional serta menyambut simposium Asia Pacific Geoparks Network (APGN) 2019 ke-6 yang akan berlangsung di NTB.

NTB Expo 2019 akan berlangsung dari tanggal 29 Agustus sampai dengan 2 September 2019. Kegiatan yang diisi dengan berbagai pameran produk unggulan, produk UKM dan berbagai hiburan dan perlombaan ini diikuti sekitar 130 UMKM se-NTB.

Baca juga: Kemendag dorong UMKM NTB manfaatkan Pusat Promosi dan Perdagangan RI
Baca juga: Kemenkop terapkan strategi pemulihan UMKM pasca-bencana di NTB dan Sulteng
Baca juga: BI latih 355 UMKM NTB manfaatkan internet


Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar