Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo menggelar kegiatan "Instore Promotion" untuk mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia di pusat perbelanjaan terbesar di Mesir, Mal Citystar Cairo.

Kegiatan promosi produk unggulan Indonesia itu dilaksanakan mulai 30 Agustus sampai dengan 5 September 2019, menurut keterangan dari KBRI Kairo yang diterima di Jakarta, Senin.

"Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan hubungan Indonesia-Mesir, sehingga lebih banyak lagi yang mencintai Indonesia dan berhubungan dagang dengan Indonesia," kata Muhamad Aji Surya, Kuasa Usaha ad interim KBRI Kairo.

Baca juga: Konsultasi bilateral, RI-Mesir sepakati peningkatan kerja sama ekonomi

Aji menyebutkan bahwa hubungan perdagangan bilateral Indonesia-Mesir dalam kondisi sangat baik, dengan total perdagangan mencapai sekitar 1,2 miliar dolar AS per tahun dan surplus bagi Indonesia.

"Kinerja perdagangan Indonesia-Mesir terbesar di Afrika, dan ini masih perlu kita giatkan dan tingkatkan tahun ini hingga mencapai 1,5 miliar dolar AS," ujar dia.

Lebih lanjut, dia mengharapkan agar para pelaku usaha Indonesia dapat berkoordinasi dan bekerjasama dengan KBRI Kairo untuk membidik Mesir sebagai pasar mengingat negara itu sedang berkembang perekonomiannya.

Baca juga: Dubes optimistis hubungan dagang Indonesia-Mesir terus meningkat

Selain kegiatan Instore Promotion, KBRI Kairo juga akan menyelenggarakan Agri Expo Indonesia pada 8-9 September 2019 dan malam penganugerahan penghargaan Ambassador Award 2019.

Selain itu, KBRI Kairo akan menggalang keikutsertaan para pebisnis Mesir pada pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang akan diselenggarakan pada 16-20 Oktober 2019 di ICE BSD City, Tangerang.

Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi menjelaskan bahwa
"instore promotion" merupakan bentuk kegiatan yang mempromosikan produk dagang dan pariwisata Indonesia.

Baca juga: Diplomasi dagang untuk sawit Indonesia ditingkatkan di Mesir

"Promosi di Mall Citystars dilakukan agar masyarakat Mesir makin mengenal Indonesia, produk dan wisatanya yang pada gilirannya dapat meningkatkan ekspor non migas Indonesia ke Mesir," ungkap Irman.

Paviliun Indonesia di mal terbesar di Mesir itu mempromosikan berbagai produk unggulan Indonesia, seperti kopi, teh, rempah-rempah, produk kerajinan tangan.

Selain itu, berbagai tempat dan objek wisata di Indonesia, seperti Bali, Raja Ampat, Candi Borobudur turut dipromosikan di Paviliun Indonesia tersebut.

Baca juga: Berkualitas dunia, alutsista Indonesia potensial dipasarkan di Mesir

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019