Nias Selatan jadikan selancar internasional agenda rutin tahunan

id Sail nias, surfing internasional

Nias Selatan jadikan selancar internasional agenda rutin tahunan

Peselancar Indonesia Herbert Wau memperlihatkan aksinya pada kategori Man Qualifying Series (QS) 3000 Nias Pro Internasional Surfing 2019 di Pantai Sorake, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Selasa (10/9/2019). Sebanyak 126 peselancar dari 15 negara bersaing pada Nias Pro Internasional Surfing digelar 10-15 September 2019 yang merupakan bagian dari acara Sail Nias 2019. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/foc.

Nias Selatan (ANTARA) - Pemkab Nias Selatan, Sumatera Utara, akan menjadikan kejuaraan selancar internasional sebagai agenda tahunan sehingga akan semakin menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang ke daerah itu.

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha di Teluk Dalam, Jumat mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan pemerintah daerah setempat, mengingat daerah itu memiliki berbagai destinasi wisata, khususnya
wisata bahari.

Seperti misalnya Pantai Sorake yang cukup banyak dikunjungi wisatawan terutama peselancar dunia karena memiliki ombak yang cukup menantang.

Saat ini juga sedang berlangsung kejuaraan Nias Pro International Surfing dengan menghadirkan 126 peselancar dari 15 negara yang merupakan bagian dari sail Nias 2019.

Selain di Pantai Sorake, Nias Selatan juga memiliki lokasi lain yang juga dapat dijadikan tempat menggelar selancar maupun diving seperti di Pulau Telo.

"Karena banyaknya objek wisata bahari, maka kejuaraan surfing kami rencanakan menjadi agenda rutin tahunan. Itu kita lakukan demi terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Nias Selatan Anggraeni Dachi mengatakan saat ini sedang berlangsung Nias Pro International Surfing dari 10 hingga 15 September di pantai Sorake.

Selancar tersebut diikuti 126 peserta, terdiri laki-laki sebanyak 102 orang dan wanita 24 orang yang berasal dari 15 negara yakni Amerika Serikat, Australia, Portugal, Jepang, Venezuela, Perancis, Afrika Selatan, Argentina, Chile, Brazil, Spanyol, New Zealand, Peru, dan Indonesia.

Para peserta selancar dibagi dalam dua bagian yakni untuk Man Qualifying Series (QS) 3000 dan Women pada Qualifying Series (QS) 1000.

Baca juga: Presiden dijadwalkan kunjungi Cagar Budaya Desa Bawomataluo
Baca juga: Nias Selatan diharapkan jadi destinasi wisata bahari kelas dunia
Baca juga: 126 peselancar dari 15 negara ikuti Nias Pro Internasional Surfing

 

Pewarta : Juraidi
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar