Calon ketua Hipmi akan bentuk pengusaha muda berjiwa nasionalis

id Hipmi,Pengusaha muda

Calon ketua Hipmi akan bentuk pengusaha muda berjiwa nasionalis

Calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2019-2022 Mardani H. Maming di sela Musyawarah Nasional XVI Hipmi di Jakarta, Selasa (17/9/2019). ANTARA/Zubi Mahrofi

Jakarta (ANTARA) - Calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2019-2022 Mardani H. Maming mengatakan akan membentuk pengusaha muda memiliki jiwa nasionalis yang kuat.

"Jadi kalau sudah punya pola pikir pengusaha harus dilandasi dengan nasionalisme yang kuat," kata Mardani H. Maming di sela Musyawarah Nasional XVI Hipmi di Jakarta, Selasa.

Hipmi, lanjut dia, juga harus bisa menciptakan pengusaha dengan karakter yang kuat sehingga dapat menjadi pemain utama di dalam negeri sendiri.

Baca juga: Hipmi minta pemerintah permudah akses pembiayaan

"Pengusaha nasional dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini harus punya konsep, kita lah yang jadi pemain utama, adanya investasi asing bukan menjadikan kepemilikan kita menjadi sedikit, kita tekan agar mereka di bawah koordinasi kita. Ini menjadi bagian dari strategi menjaga kedaualatan negara," katanya.

Mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu juga mengatakan bahwa generasi muda saat ini adalah aset paling berharga yang dimiliki suatu bangsa, maka itu harus di siapkan sejak dini.

"Program Hipmi 'go to school' dan 'go to campus' akan di lanjutkan dan diperbaiki secara teknis agar dapat berjalan lebih baik lagi dan bisa membawa dampak terhadap generasi muda Indonesia yang berkarakter kewirausahaan," katanya.

Mardani H. Maming menambahkan Hipmi juga harus dapat mendorong pengusaha di daerah berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat. Pengusaha daerah merupakan penggerak utama dalam perekonomian wilayah.

"Jika kolaborasi antara pengusaha daerah dan pemerintah bisa saling bersinegri, saya rasa ini akan berdampak untuk mengurangi ketimpangan perekonomian daerah dan meratakan juga secara nasional,"katanya.

Baca juga: Calon ketua Hipmi: Program inkubator dorong pengusaha naik kelas
Baca juga: Hipmi berharap perempuan pengusaha bangun jaringan kembangkan bisnis


Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar