Unpad diminta gubernur membuat Pusat Penelitian Jabar

id ridwan kamil, unpad, pusat penelitian jabar,Rektor Unpad Rina Indiastuti

Unpad diminta gubernur membuat Pusat Penelitian Jabar

Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Emil. ANTARA/Dok Humas Pemprov Jabar/am.

Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil meminta kepada Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof Rina Indistuti agar perguruan tinggi negeri yang dipimpinnya bisa membuat pusat penelitian yang nantinya bisa membuat kajian dan masukan mengenai persoalan di Jabar.

"Jadi nanti itu Rektor Unpad yang baru akan bikin 'Center West Java Studies'. Sehingga semua riset tentang problem Jabar dititipkan, fakultas-fakultas pintunya satu, tidak semua fakultas diketok pintunya, pintunya Pusat Studi Jabar itu," katanya usai menghadiri pelantikan Rektor Unpad di Graha Sanusi Hardjadinata Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin.

Menurut dia, selama ini Provinsi Jabar masih menemui masalah dalam bidang ketahanan pangan, pertanian dan lainnya sehingga diharapkan kolaborasi antara pemda dengan dunia pendidikan bisa menghadirkan solusi untuk persoalan tersebut.

"Kami mengkoordinasikan yang selama ini belum terjalin dengan baik, dulu terlalu banyak pintu. Kami bisa titipkan Program Jabar Juara, kita ada masalah ketahanan pangan, pertanian dan lainnya," kata dia.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini berjanji akan mendukung dari segi pembiayaan kajian-kajian yang dibuat Unpad karena hasilnya akan sangat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan strategis.

"Pemprov Jabar, bisa biayai juga nanti riset-risetnya Unpad," kata dia.

Sementara itu, Rektor Unpad Rina Indiastuti mengatakan akan memrioritaskan Pusat Studi Jabar tersebut dalam 100 hari program kerjanya.

Menurut dia, kajian yang dilakukan tidak hanya fokus terhadap pendidikan saja melainkan bidang lainnya juga.

"Jadi Pusat Studi Jabar ini nanti sektor dimensinya luas tidak hanya pendidikan, tapi bisa kesehatan, atau pemberdayaan UKM atau 'startup' mengolah konten, pusat studi itu mengkaji kelaikan sehingga berdampak kemajuan pertumbuhan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: Inovasi mahasiswa Unpad ubah kulit jeruk jadi pembasmi jentik

Baca juga: Juru parkir Unpad berangkat umrah berkat royalti

Dia mengatakan kajian yang dilakukan tentunya berdasarkan hambatan-hambatan yang dihadapi Pemprov Jabar sehingga nantinya kajian yang dilakukan bisa menjadi masukan untuk pemerintah.

"Tentunya harus kita beranjak dari madalah yang dihadapi Pemprov Jabar, lalu dikaji akan rekomendasi, syukur-syukur cocok maka akan menjadi bahan masukan pembuatan kebijakan gubernur," kata Rina.
Menristek Dikti Resmikan PSDKU Unpad di Pangandaran


Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad Rudiantara mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung pembangunan Pusat Studi di Jawa Barat.

"Unpad sebagaimana harapan Gubernur Jawa Barat menjadi Pusat Studi Jawa Barat dan itu akan saya tanamkan, saya catat, ikut terjun langsung bagaimana Unpad ini menjadi 'think thank' dari Jawa Barat," kata Rudiantara.

Baca juga: Rina Indiastuti perempuan pertama jabat rektor Unpad

Baca juga: Unpad umumkan sembilan nama pendaftar bakal calon Rektor 2019-2024


Baca juga: Aher raih gelar doktor ilmu manajemen dari Unpad

Baca juga: Deddy Mizwar diwisuda S2 di Unpad

Pewarta : Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar