Setiap pertumbuhan 1 persen penduduk perkotaan akan meningkatkan 1,4 persen PDB/kapita di Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pengembangan berbagai kota metropolitan di luar Pulau Jawa selain bakal meratakan pembangunan dan kesejahteraan, juga akan meningkatkan produk domestik bruto (PDB) nasional.

"Dengan adanya pengembangan kota metropolitan tersebut diharapkan dapat menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi lebih besar pada peningkatan PDB nasional," kata Basuki Hadimuljono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia mengemukakan, pihaknya mendukung pengembangan kota-kota di luar Pulau Jawa, di antaranya enam kota yang menjadi fokus adalah Palembang, Banjarmasin, Makassar, Manado dan Denpasar, dan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Dikatakan Menteri Basuki dengan mengutip kajian Bappenas, bahwa di Indonesia, setiap pertumbuhan 1 persen penduduk perkotaan akan meningkatkan 1,4 persen PDB/kapita di Indonesia.

Baca juga: Menkeu: Pemerintah gencar tingkatkan PDB melalui urbanisasi

Hal ini lebih rendah dari pertumbuhan Republik Rakyat China di mana setiap pertumbuhan 1 persen penduduk berkontribusi minimal 3 persen PDB/kapita ataupun di Asia Timur dan Pasifik sebesar 2.7 persen.

"Artinya Indonesia belum cukup efisien dan produktif dibanding negara-negara tetangga," ucapnya.

Selain itu, pembangunan kota-kota di luar Pulau Jawa juga untuk melanjutkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, yang telah membangun fondasi pembangunan yang lebih tangguh, lebih produktif, dan merata.

Ia juga menyebutkan bahwa fondasi bagi pembangunan Indonesiasentris, bukan jawasentris, salah satunya adalah mempercepat pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia.
Baca juga: Menteri PUPR: Desain ibu kota baru harus cerminkan identitas bangsa
 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019