Banjir bandang Kali Cisimeut Lebak hanyutkan mobil bak terbuka

id Banjir bandang, kali cisimeut, lebak

Banjir bandang Kali Cisimeut Lebak hanyutkan mobil bak terbuka

Jembatan putus diterjang banjir bandang. ANTARA/Anas Masa

Lebak (ANTARA) - Banjir bandang yang menerjang Kali Cisimeut, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Rabu (9/10) malam pukul 19.10 WIB menghanyutkan mobil bak terbuka yang dicuci di bawah  jembatan.

"Banjir bandang itu hanya menghanyutkan mobil bak terbuka, pengemudi dan yang mencuci mobil selamat," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Kamis.

Banjir bandang tersebut setelah turun hujan sejak sore hingga menjelang malam. Intensitas curah hujan di daerah relatif sedang, namun berlangsung sekitar dua jam lebih.

Bencana banjir bandang yang menerjang Kali Cisimeut, Desa Cisimeut Raya, Kabupaten Lebak menakutkan karena terdengar suara gemuruh.

Masyarakat yang tinggal di tepi sungai setempat menyelamatkan diri, namun kondisi air tidak menimpa permukiman penduduk.

Baca juga: Hujan lebat akibatkan banjir bandang di Turki

"Beruntung, banjir bandang itu tidak menimpa permukiman warga,sehingga tidak ada korban maupun kerusakan rumah," katanya menjelaskan.

Menurut dia, mobil warga yang hanyut tergerus arus deras itu tengah mencuci di bawah jembatan. Sebab, kali itu digunakan warga setempat untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) juga mencuci mobil.

Namun, pemilik mobil tersebut selamat dengan cepat menghindari terjangan banjir bandang.

"Diperkirakan orang yang mencuci mobil itu sebanyak tiga orang dan mereka selamat," katanya.

Ia mengingatkan, masyarakat yang tinggal di tepi daerah aliran sungai agar meningkatkan kewaspadaan banjir bandang apalagi hujan sudah mulai turun.

Biasanya, saat musim perubahan sekarang ini berpotensi bencana banjir bandang, banjir, longsor dan angin kencang, katanya.

Baca juga: Banjir bandang terjang puluhan rumah di Aceh Selatan
Baca juga: Belasan rumah di Sigi hanyut terseret banjir bandang


 

Pewarta : Mansyur suryana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar