Artinya, pembiayaan yang kita salurkan kepada UKM tidak hanya sebatas pada modal, tapi juga dilakukan peningkatan kapasitas yang bertujuan meningkatkan status usaha agar naik kelas
Banda Aceh (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) menyatakan untuk berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat di Provinsi Aceh perusahaan tersebut tidak hanya memberikan pembiayaan untuk sektor usaha kecil dan menengah (UKM) tapi juga memberikan pendampingan.

“Artinya, pembiayaan yang kita salurkan kepada UKM tidak hanya sebatas pada modal, tapi juga dilakukan peningkatan kapasitas yang bertujuan meningkatkan status usaha agar naik kelas,” kata Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko PT PNM (Persero) M.Q Gunadi di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menyerahkan bantuan sinergi bina lingkungan PT Askrindo (Persero) dan PT PNM (Persero) dengan kegiatan pengobatan gratis nasabah Mekaar dan masyarakat serta penyerahan bantuan mobil Pintar PAUD untuk wilayah Aceh dan Sabang yang berlangsung di Banda Aceh.

Ia menjelaskan saat ini PNM telah hadir di provinsi ujung paling barat Indonesia itu dalam berkontribusi meningkatkan pendapatan dan mendongkrak pertumbuhan UKM ke arah yang lebih baik seiring adanya pembinaan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan produk UKM.

“Pembinaan ini dilakukan secara berkesinambungan kepada setiap nasabah yang dilakukan per kelompok setiap minggunya yang bertujuan memberikan berbagai pemahaman dan juga kemampuan SDm dalam meningkatkan produksi, pengemasan dan juga pemasaran produk agar mampu bersaing dengan produk lainnya di pasaran,” katanya.

Ia menyebutkan saat ini jumlah nasabah PNM di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu sekitar 400 ribu orang dengan total pembiayaan yang telah disalurkan kepada penerima manfaat sebesar Rp400 miliar.

“Kami akan terus bekerja secara maksimal untuk memberikan akses modal dan pendampingan kepada UKM yang ada di Aceh sehingga mereka dapat terus eksis menguasai pasar,” katanya.

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengemban tugas khusus memajukan ekonomi kerakyatan dengan memberikan pembiayaan, pendampingan dan pembinaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang diperuntukan kepada pelaku UMKM, serta Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang memberikan layanan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro.

Baca juga: Menteri BUMN beri pembekalan 4.000 agen Mekaar PT PNM

Baca juga: Komisi VI DPR apresiasi perkembangan PNM di Maluku

Baca juga: PNM terima penambahan penyertaan modal Rp1 triliun

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019