Kita harap awal tahun depan mereka sudah beroperasi di sini
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat akan menghibahkan tanah di pesisir Sungai Teluk Batang untuk dibangun pos Badan SAR Nasional (Basarnas) di wilayah itu.

"Ini merupakan harapan masyarakat dan juga ditunggu oleh Pemerintah Kabupaten Kayong Utara bahwa Basarnas akan mendirikan pos di sini. Ini merupakan buah dari hasil permintaan kita dan jawaban dari hasil Kunjungan saya ke Basarnas Pontianak beberapa waktu yang lalu," kata Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad saat membawa Tim Basarnas meninjau lokasi di Sungai Teluk Batang,  Kayong Utara, Rabu.

Baca juga: Presiden SBY kunjungi pos terpadu TNI-BNPB-Basarnas


Peninjauan lokasi juga untuk menentukan titik lokasi tanah dan luas yang dapat dihibahkan untuk dibangun pos pelabuhan sehingga kapal Basarnas dapat bersandar.

"Lokasinya di pesisir Sungai Teluk Batang, tidak jauh dari pelabuhan milik perhubungan dan luasnya mereka minta minimal lebar 60 meter, panjang 25 meter, karena akan ada kapal sepanjang 40 meter yang akan bersandar di sini," ujar dia.

Kecamatan Teluk Batang dinilai menjadi tempat yang strategis karena menghubungkan seluruh kecamatan di Kayong Utara, Kabupaten Kubu Raya serta perairan Selat Karimata sehingga layak dijadikan Pos Basarnas.

"Dengan adanya Pos Basarnas di sini masyarakat dan pemerintah Kayong Utara akan sangat terbantu dan akan mendapatkan perlindungan jika terjadi bencana.," ujar dia.

Baca juga: Sering terjadi kecelakaan laut, kehadiran pos SAR diinginkan warga Seram Bagian Timur-Maluku


Selanjutnya, Effendi berharap kehadiran Tim Basarnas Pontianak merupakan pertanda awal agar regu pencari dan penyelamat itu segera beroperasi di wilayah Kayong Utara dan apabila diperlukan pihaknya akan menyiapkan kantor sementara.

"Tentu hasil kunjungan mereka ini dilaporkan ke pusatnya dulu dan mendapatkan persetujuannya. Setidaknya Pemkab Kayong Utara sudah menunjukkan keseriusan melengkapi administrasinya, menyiapkan lahan dan jika diperlukan kita menyiapkan kantor sementara untuk Basarnas. Kita harap awal tahun depan mereka sudah beroperasi di sini," ujarnya.

Baca juga: Pos SAR bakal didirikan di Telaga Sarangan untuk pertolongan cepat

 

Pewarta: Rizal/Humas KKU
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019