Humaniora kemarin, eks pemain PSMS gagal ginjal hingga bencana alam

id Humaniora kemarin, berita yang paling banyak dibaca, berita humaniora kemarin

Humaniora kemarin, eks pemain PSMS gagal ginjal hingga bencana alam

Bunga bangkai tumbuh di Bamban Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam. ANTARA/HO BKSDA/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Minggu (15/12) mendapat perhatian publik, mulai dari mantan pemain PSMS yang divonis gagal ginjal, bunga bangkai yang tumbuh di kebun warga hingga bencana alam di sejumlah daerah di Tanah Air.

Bencana alam seperti banjir masih melanda sejumlah daerah seperti di Sigi, Sulawesi Tengah, Bangka Belitung, hingga Kalimantan.

Berikut berita humaniora kemarin yang masih menarik untuk disimak.

1. Divonis gagal ginjal, mantan pemain PSMS Sugito butuh uluran dana

Mantan pemain PSMS era 1970-an akhir hingga 1990-an Sugito divonis gagal ginjal dan sangat membutuhkan uluran tangan dermawan untuk sedikit meringankan biaya pengobatannya.

“Sebelum ini saya harus operasi mata dampak dari diabetes. Dan sekarang, oleh dokter saya divonis gagal ginjal sehingga dua kali seminggu harus menjalani cuci darah,” kata Sugito saat dijenguk di RS Putri Hijau Jalan Putri Hijau Medan.

2.Nitilaku UGM diikuti peserta berkostum wayang, pejuang, dan adat

Pawai Budaya Nitilaku UGM 2019 diikuti ribuan peserta dengan kostum eneka tokoh pewayangan, pejuang, dan adat Nusantara yang berjalan kaki, mulai dari kawasan Pagelaran Keraton Yogyakarta hingga Kampus UGM, Minggu pagi.

Sekitar pukul 06.41 WIB pawai budaya bertajuk "Menggugah Warisan-Bersama Kebangsaan dan Berbudaya" itu dilepas oleh Gubernur Jateng sekaligus Ketum PP Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Ganjar Pranowo, Rektor UGM Panut Mulyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Ketua Dewan Guru Besar UGM Prof Koentjoro.

3. Bunga bangkai raksasa yang tumbuh di kebun warga Agam mulai mekar

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium) yang tumbuh di kebun warga Bamban, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, mulai mekar.

Menurut warga Palembayan, Febi Darmayanti (36), bunga bangka raksasa itu berada tak jauh dari Kantor Camat Palembayan, sekitar 10 menit perjalanan dari Kantor Camat.

4.BPBD Babel siaga di 16 titik banjir Pangkalpinang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiagakan tim reaksi cepat di 16 titik daerah rawan banjir Kota Pangkalpinang, sebagai antisipasi dan penanggulangan dini kepada korban bencana alam tersebut.

"Saat ini hujan lebat kembali mengguyur Kota Pangkalpinang dan diperkirakan 16 titik banjir ini akan kembali terjadi genangan air kisaran 20 hingga 60 centi meter," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Minggu.

5. Gempa magnitudo 6,9 di Mindanao Filipina terasa hingga Sulut

Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 6,9 terjadi pada Minggu (15/12) pukul 13.11.54 WIB akibat sesar lokal di Mindanao Filipina, guncangannya terasa hingga Melonguane Sulawesi Utara.

"Setelah dimutakhirkan kekuatan gempa menjadi magnitudo 6,8," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

 


Pewarta : Indriani
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar