ITS termasuk yang terdepan dalam membentuk SDM unggul
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) Surabaya Sutopo Kristanto melantik pengurus pusat organisasi itu periode 2019-2023 di Museum Kebangkitan Nasional, Gedung Stovia, Jakarta Pusat, Selasa (17/12).

Dalam susunan kepengurusan, Sutopo memilih Thonthowi Djauhari untuk medampinginya sebagai sekretaris jenderal.

Saat memberikan sambutan pelantikan, Sutopo dalam rilisnya di Jakarta, Rabu, menyatakan kompleksitas permasalahan yang dihadapi bangsa ini seiring bertumbuh dan berkembangnya teknologi membutuhkan kepedulian dan rasa tanggung jawab segenap komponen bangsa, tidak terkecuali para alumnus ITS.

"Sebagai kaum intelektual, para alumni ITS benar-benar ditunggu bakti dan kiprahnya dalam memecahkan persoalan bangsa," ucapnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Umum Keluarga Besar Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), dan Ketua Presidium Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri (Himpuni) Maryono, serta Ketua Senat IKA ITS Ridwan Hisjam.

Hadir pula perwakilan dari Ikatan Alumni Universitas Airlangga dan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Heru Dewanto.

Baca juga: Dinilai peduli kemajuan pelayaran, ITS digandeng desain kapal rakyat

Menteri Budi Karya dalam sambutannya memuji kiprah alumnus ITS dalam membangun sumber daya manusia yang unggul.

"ITS termasuk yang terdepan dalam membentuk SDM unggul," ujarnya.

Ia menegaskan dengan SDM unggul, negara akan bisa menyelesaikan banyak permasalahan seperti menjadi eksportir kendaraan berbasis listrik dan bukan sebaliknya.

Sekjen PP IKA ITS Thonthowi Djauhari mengatakan dalam wadah IKA ITS, maka kontribusi akan semakin nyata dan meningkat.

Ia menjelaskan IKA ITS berkeinginan memberi kemanfaatan yang besar bagi Indonesia.

Hal itu, katanya, tak bisa dijalankan jika dilakukan tanpa bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk alumnus perguruan tinggi lainnya.

Oleh karena itulah, lanjutnya, tema pelantikan IKA ITS "Kolaboraksi IKA ITS untuk Indonesia" yang artinya kolaborasi dan aksi untuk bersama memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

"Saatnya kita para alumni untuk bergerak maju bersama menuju Indonesia maju," ujarnya.

Baca juga: Dubes Jerman bahas energi terbarukan di ITS
Baca juga: Robot terbang ITS juara pertama KRTI
Baca juga: ITS tawarkan teknologi menambang gas alam

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019