Dinas Pendidikan DKI hingga tingkat kepala sekolah diminta mengawasi dan melaporkan bangunan sekolah diatas lima tahun, demi keselamatan para murid
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi E DPRD DKI Iman Satria akan meminta rekomendasi Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) untuk menangani kanopi SDN 10 dan 12 Kembangan Utara Jakarta Barat yang ambruk.

"Kita mau panggil Citata, melihat sisa-sisa kanopi yang ada. Apakah itu memang perlu kita cabut atau tidak, karena memang cukup berbahaya," ujar Iman di Jakarta, Jumat.

Iman mengatakan kanopi sekolah bergaya Betawi yang ambruk tersebut telah dipasang sejak tahun 2009, sehingga kemungkinan sudah tidak kokoh diterpa musim.

Saat memantau langsung di lokasi ambruknya kanopi, rombongan Komisi E DPRD serta Dinas Pendidikan DKI mengecek kondisi dan material kanopi dan bangunan sekolah tersebut.

Iman meminta Dinas Pendidikan DKI hingga tingkat kepala sekolah mengawasi dan melaporkan bangunan sekolah diatas lima tahun, demi keselamatan para murid.

Baca juga: Kanopi SDN 12 Kembangan Utara ambruk segera diperbaiki

Baca juga: Kanopi SDN 12 Kembangan Utara ambruk

Baca juga: 11 balita dan 16 siswa SD di Balimester diungsikan akibat kebakaran


"Karena cuaca ini tidak bisa diprediksi. Ini cuaca sudah mulai hujan, mudah-mudahan tidak terjadi bencana seperti itu," kata Iman.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta pun tengah memburu sekolah rusak di enam wilayah DKI dengan membentuk tim khusus. Tim tersebut membuat laporan yang akan jadi pertimbangan untuk merenovasi sekolah.

“Sudah kami bentuk tahun ini. Saat ini sedang bekerja,” ujar Pelaksana harian Kepala Dinas Pendidikan Kadisdik DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat.

Meski tak merinci laporannya seperti apa, Syaefuloh memastikan banyak gedung sekolah di DKI yang berumur, yang memerlukan renovasi meski gedungnya tampak baik.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019