Jakarta (ANTARA) - Tim Resmob Polres Metro Jakarta Selatan telah membekuk empat pelaku pembegalan yang beraksi di Warteg Mamoka Bahari, Jalan Ciledug Raya, RT 1/RW 1, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, pada Selasa (21/1) sekitar pukul 01.30 WIB.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama mengatakan jajarannya harus bekerja ekstra keras untuk membekuk keempat pelaku karena masing-masing pelaku kabur ke lokasi yang berbeda-beda.

Baca juga: Polisi buru tiga begal di Warteg Mamoka Bahari Jaksel

Baca juga: Pelaku kedua begal Warteg Mamoka ditangkap di Jagakarsa

Baca juga: Polisi terkendala tangkap begal warteg karena media sosial


"Pelaku HW ditangkap tanggal 25 Januari di Sumatera Selatan, Ogan Komering Ulu. Pada hari yang sama, 25 Januari pukul 13.00 tersangka AF ditangkap di Serengseng Sawah," kata Kombes Bastoni di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Minggu.

Setelah tertangkapnya dua orang itu, tidak butuh waktu lama bagi Tim Resmob Polres Metro Jakarta Selatan untuk memburu dua pelaku lainnya. Polisi berhasil melacak keberadaan dua pelaku lainnya di daerah Bogor, Jawa Barat.

Meski demikian penangkapan dua pelaku ini tidak berjalan mulus, karena pelaku melakukan perlawanan kepada petugas. Salah satu pelaku bahkan harus dilumpuhkan dengan timah panas karena mengancam petugas dengan celurit.

"Pada 26 Januari tim bergerak untuk menangkap pelaku SB dan PS di di daerah Bogor. Gunung Siang. Pelaku SB mengancam pakai celurit, melarikan diri dan melawan, terpaksa dilumpuhkan kakinya," sambungnya.

Setelah SB berhasil dilumpuhkan, petugas kemudian membawa keduanya ke Mapolres Metro Jakarta Selatan untuk mendapatkan perawatan medis dan dilakukan pemeriksaan. Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti celurit, dompet milik korban pembegalan dan baju yang dipakai pelaku saat kejadian.

Keempat pelaku berhasil ditangkap tak lama setelah Polsek Pesanggarahan Polres Metro Jakarta Selatan mengeluarkan Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus begal warteg terhadap Heru Wahono (22), Syadam Baskoro (22) dan Ahmad Firdaus (20).

Pembegalan terjadi Selasa (21/1) sekitar pukul 01.30 WIB di Warteg Mamoka Bahari, Jalan Ciledug Raya, RT 1/RW 1, Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Pembegalan tersebut terekam kamera CCTV di Warteg Mamoka Bahari. Saat itu satu orang pembeli jadi sasaran begal ketiga pelaku.

Dalam rekaman CCTV itu, korban terlihat sedang makan di warteg. Pelaku sebanyak tiga orang datang dan langsung melakukan perampokan.

Salah satu pelaku mengacungkan celurit ke korban yang ketakutan lantas memberikan ponsel miliknya kepada pelaku. Para pelaku kemudian melarikan diri menggunakan sepeda motor dengan membawa kabur sebuah ponsel dan uang senilai Rp950 ribu milik korban.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat dan Laily Rahmawaty
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020