Investor Kanada jajaki kerja sama pengembangan wisata di Lumajang

id investor kanada ke lumajang,jajaki kerja sama wisata,air terjun tumpak sewu,wisata di lumajang

Investor Kanada jajaki kerja sama pengembangan wisata di Lumajang

Tim Federal Aviation Administration (FAA) Order Investor asal Kanada bersama Kepala Bakowil V Jember berfoto bersama usai mengunjungi objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang (ANTARA/ HO-Diskominfo Lumajang)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Investor dari Kanada menjajaki kerja sama dalam upaya pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang difasilitasi oleh Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember dengan berkunjung ke salah satu objek wisata andalan di kabupaten setempat yakni Air Terjun Tumpak Sewu.

"Kami memfasilitasi investor dari Kanada yang akan membangun sebuah fasilitas kereta gantung menuju lokasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, sehingga bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang berkunjung di sana," kata Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember R. Tjahjo Widodo di Lumajang dalam siaran pers yang diterima Antara di Lumajang, Kamis.

Menurutnya Tim Federal Aviation Administration (FAA) Order Investor asal Kanada yang terdiri dari Paul Hamel, Jan Setter dan  Rose Marsolais bersama Bakorwil V Jember sudah mengunjungi objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu.

"Tujuan mereka datang ke Lumajang untuk mendukung realisasi program Pembiayaan Kerja Sama antara Pemerintah Badan Usaha (KPBU)/ Swasta sesuai dengan Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang Pembangunan Ekonomi di Wilayah Gerbang Kertasusila, TN-BTS dan lintas selatan, khususnya selingkar Bromo Tengger Semeru," tuturnya.

Baca juga: RI berpotensi kehilangan 2,8 miliar dolar dari turunnya wisman China

Ia mengatakan pemerintah pusat ingin investor dapat membantu untuk memajukan Kabupaten Lumajang, salah satunya di bidang pariwisata yang dapat berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lumajang.

Dalam upaya pengembangan destinasi wisata di Lumajang, lanjut dia, sangat dibutuhkan kerja sama dari semua perangkat daerah dan pihak terkait, sehingga destinasi wisatanya dapat lebih di ekspos lebih luas.

"Kalau itu bisa terealisasi,  destinasi wisata di Kabupaten Lumajang bisa bersaing dengan tempat lain, dan kami optimistis destinasi wisata di Kota Pisang akan bisa menang dibandingkan dengan tempat lainnya," katanya.

Sementara itu, salah satu Investor asal Kanada Paul mengatakan pihaknya akan membantu untuk memfasilitasi untuk menyediakan kereta gantung sesuai dengan yang disampaikan oleh Bupati Lumajang beberapa waktu lalu.

"Kami minta dibuatkan proposal dulu, nanti saya cek proposalnya, dan pasti akan saya terima, agar dapat memajukan destinasi wisata di Kabupaten Lumajang, sehingga dapat bersaing dengan negara lain," ujarnya.

Baca juga: Kemenparekraf lakukan pengembangan masyarakat pariwisata Kulon Progo

Air Terjun Tumpak Sewu berada dalam aliran Sungai Glidik yang berhulu di Gunung Semeru dan lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut yang memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai.

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar