Patroli kesehatan digelar TNI di Kampung Tatakra perbatasan RI-PNG

id Satgas Pamtas TNI,perbatasan RI-PNG,patroli kesehetan

Patroli kesehatan digelar TNI di Kampung Tatakra perbatasan RI-PNG

Prajurit TNI Satgas Pamtas Pos Tatakra Kabupaten Keerom di perbatasan RI-PNG melakukan pemeriksaan kesehatan warga lokal asli Papua yang sakit. ANTARA/HO Pendam XVII Cenderawasih/am.

Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) TNI di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) dari Yonif Raider 509 Kostrad Pos Tatakra
menggelar kegiatan patroli kesehatan dari rumah ke rumah di Kampung Tatakra, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

"Di samping menjalankan tugas untuk patroli keamanan, TNI juga menggelar kegiatan patroli kesehatan di perbatasan RI-PNG," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam)  XVII/Cenderawasih Kolonel (Cpl) Eko Daryanto dalam penjelasan di Jayapura, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan patroli kesehatan tersebut dipimpin Komandan Pos (Danpos) Tatakra Letda (Inf) Heriyansyah Purba dalam rangka menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat untuk membantu mengatasi kesulitan warga terkait dengan masalah kesehatan, khususnya di Kampung Tatakra.

Mengutip Danpos Tatakra, ia menjelaskan bahwa di kampung tersebut tidak memiliki fasilitas kesehatan sehingga warga sangat terbantu dengan patroli kesehatan anggota TNI.

"Dalam patroli kesehatan itu masyarakat di Kampung Tatakra, Distrik Web, Kabupaten Keerom mendapatkan obat secara gratis dari tim kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 509/Kostrad," katanya.

Menurut Heriyansyah Purba secara geografis wilayah Kampung Tatakra sangat jauh dari puskesmas. Karena itu, pelayanan patroli kesehatan dilakukan untuk melihat kondisi masyarakat di kampung perbatasan RI-PNG.

Menurut dia patroli kesehatan yang dilaksanakan merupakan salah satu wujud kepedulian TNI dalam membantu kesulitan masyarakat di perbatasan.

“Jadi kegiatan itu untuk meningkatkan derajat kesehatan warga di perbatasan melalui kegiatan pengobatan umum sehingga bisa meringankan kebutuhan warga di perbatasan RI-PNG," katanya.

Menurut dia pengobatan semacam itu juga akan dilaksanakan setiap pekan di kampung lainnnya di perbatasan agar dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan

"Dengan demikian melalui kegiatan itu diharapkan akan dapat memperkokoh hubungan antara TNI dengan takyat," tambah Kapendam Eko Daryanto.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-PNG berikan pelayanan kesehatan di Kampung Okyako

Baca juga: TNI datangi rumah warga perbatasan berikan layanan kesehatan

Baca juga: Penyuluhan kesehatan digelar prajurit TNI di perbatasan RI-Timor Leste

Baca juga: Cegah malaria, Satgas Pamtas "fogging" Kampung Kibay-Keerom, Papua

Pewarta : Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar