PMI Makassar apresiasi YKAKI-TSM himpun anak penderita kanker

id PMI Makassar, YKAKI Makassar, TSM, anak penderita kanker,Hari Kanker Internasional;

PMI Makassar apresiasi YKAKI-TSM himpun anak penderita kanker

Ketua PMI Makassar H Syamsul Rizal MI dicukur gundul oleh mantan Wali kota Makassar HM Ilham Arif Sirajuddin sebagai bentuk kepedulian visual bagi anak penderita kanker agar berani dikemoterapi. Aksi yang diberi nama aksi "Berani Gundul" ini dilaksanakan di Makassar, Sabtu (29/2/2020). ANTARA/ Suriani Mappong

Makassar (ANTARA) - tua Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar H Syamsu Rizal MI mengapresiasi Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Kota Makassar bekerja sama dengan Trans Studio Mall Makassar menggelar kegiatan peduli anak penderita kanker dengan aksi yang dinamai Berani Gundul.

"Kepedulian YKAKI-TSM ini dan dukungan masyarakat semoga dapat memberikan semangat bagi anak-anak kita yang menderita kanker untuk optimistis bisa sembuh," kata mantan Wakil wali Kota Makassar  yang akrab disapa Daeng Ical disela kehadirannya pada kegiatan sosial tersebut di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, semua pihak harus mengambil peran dan bersinergi untuk membantu dan memotivasi anak-anak penderita kanker dalam menjalani hidupnya sama dengan anak-anak yang lainnya.

Sementara mantan Wali Kota Makassar H Ilham Arif Sirajuddin juga menekankan agar masyarakat dapat mendeteksi dini anggota keluarganya yang mengalami gejala kanker dan memberikan dukungan moril pada penderita.
Baca juga: Momen Jokowi saat temui anak penderita kanker

"Termasuk mendonasikan sebagian kelebihan uang belanja hariannya untuk membantu keluarga yang memiliki anggota keluarga mengidap kanker," katanya.

Ketua YKAKI Makassar Nurul pada kesempatan itu turut berterima kasih mendapat dukungan semua pihak, untuk bersimpati maupun berdonasi melalui aksi "Berani Gundul" itu.

Aksi Berani Gundul ini, menurut Marcomm Manager Trans Studio Mall Makassar, Radi Agustian adalah bentuk partisipasi dan apresiasi melawan kanker dengan menunjukan kepedulian baik berupa donasi maupun dukungan visual pada anak penderita kanker agar tetap berani menjalankan pengobatan kemoterapi.

Salah seorang ibu yang memiliki anak kanker darah(leukimia), Nurmala mengatakan bersyukur dapat hadir pada kegiatan sosial yang diprakarsai YKAKI dengan pimpinannya Nurul yang tak henti-hentinya memberikan dukungan moril dan materil pada keluarga maupun penderita kanker yang sebagian besar didominasi anak balita.
Baca juga: YKAI: penderita kanker anak meningkat tujuh persen
Baca juga: Anak penderita kanker juga butuh nutrisi seimbang


Gerakan ini yang diikuti berbagai kegiatan di antaranya donor darah, foto booth, pentas seni peran dan donasi menjadi rangkaian untuk memperingati Hari Kanker Anak Internasional sebagai bentuk kebersamaan dengan penderita kanker di dunia, khususnya pada anak di Indonesia.

Kegiatan yang dihelat di Trans Studio Mall Makassar setiap tahunnya itu sudah dilakukan sejak 2017 juga selaras dengan komitmen managemen untuk memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan sosial.

Kegiatan seperti ini juga akan berlangsung di beberapa kota lainnya seperti Semarang, Yogyakarta, Manado, Surabaya, Riau dan Bandung.
Baca juga: Komedian Pandji ingin dirikan rumah belajar penderita kanker
Baca juga: Anak penderita kanker vulva di Gorontalo perlu uluran tangan

Nurmala bersama anakanya yang sudah dikemo 13 kali karena penyakit kanker darah (leukimia) hadir pada aksi yang diberi nama aksi "Berani Gundul" ini dilaksanakan di Makassar, Sabtu (29/2/2020). ANTARA Foto/ Suriani Mappong

 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar