Cirebon (ANTARA) - Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, meluncurkan aplikasi berbasis android yang bertujuan memberikan kemudahan bagi para wisatawan saat berwisata.

"Aplikasi yang kita luncurkan ini bernama Gwido dan diharapkan bisa menjadi teman bagi para wisatawan," kata Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat di Cirebon, Senin.

Sultan Arief mengatakan aplikasi ini dibuat oleh CV Akses Digital, yang merupakan kumpulan anak-anak muda asli Cirebon.

Menurutnya Keraton Kasepuhan Cirebon juga mengikuti perkembangan zaman, di mana saat ini merupakan era industri 4.0 dan ini harus terus diikuti agar tidak ketinggalan.

Aplikasi Gwido merupakan bentuk keseriusan Kesultanan Kasepuhan Cirebon untuk lebih perhatian pada kebudayaan serta pariwisata yang ada.

"Ini keseriusan kita. Bahwa kita peduli kepada budaya dan pariwisata," ujarnya.

Sultan berharap dengan adanya aplikasi ini dapat menarik minat generasi muda untuk berwisata sejarah dan budaya, khususnya di Keraton Kasepuhan dan juga goa Sunyaragi.

Dengan memanfaatkan teknologi, tempat wisata bersejarah diharapkan tidak hanya menjadi destinasi wisata, namun juga untuk sarana melestarikan kebudayaan dan sejarah.

"Dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai fitur yang menarik, terutama tentang Keraton Kasepuhan dan juga Goa Sunyaragi," katanya.



Baca juga: Permudah wisatawan, Tanah Datar luncurkan aplikasi informasi wisata
Baca juga: Aplikasi "Cirebon Wistakon" bantu wisatawan jelajahi obyek wisata
Baca juga: Banyuwangi luncurkan aplikasi wisata baru

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020