Garut (ANTARA) - Sejumlah kader Partai Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membagikan secara gratis "hand sanitizer" di sejumlah tempat umum wilayah perkotaan Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dalam mencegah penularan wabah virus corona di kota itu.

Ketua DPC PDIP Garut Yudha Puja Turnawan mengatakan, sengaja menyiapkan "hand sanitizer" di tempat umum agar masyarakat dengan mudah menjaga kebersihan tangannya di tengah kondisi saat ini sulit mendapatkan cairan pencuci tangan tersebut di pasaran.

"Kami inisiatif menyediakan di tempat umum untuk membantu masyarakat agar aman dari penyebaran virus corona," kata Yuda saat meninjau langsung pembagian "hand sanitizer" di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Garut.

Ia menuturkan, pihaknya mendapatkan informasi bahwa di pasaran telah terjadi kelangkaan "hand sanitizer", kalau pun ada harga jualnya cukup tinggi, atau tidak wajar sehingga dikeluhkan masyarakat.

PDIP Garut, kata dia, berupaya menyediakan cairan praktis pencuci tangan tersebut hasil olahan sesuai standar organisasi kesehatan dunia yang dibeli di luar kota yakni dari Semarang dan Bandung.

"Saya beli "hand sanitizer" ini dari Semarang ada juga dari Bandung untuk disediakan di tempat umum," katanya.

Baca juga: PMI DIY siapkan personel bantu penyemprotan disinfektan di area publik

Ia menyampaikan, PDIP Garut sementara mampu menyiapkan 100 botol ukuran 500 mililiter cairan "hand sanitizer" yang disebar di sejumlah tempat umum yakni kantor pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Garut.

Selanjutnya dipasang di Kantor DPRD Garut, Terminal Guntur, Pasar Tradisional Ciawitali, kantor Kecamatan Garut Kota, Karangpawitan, Kantor Kelurahan Ciwalen, Pasar Wanaraja, Garut Plaza, dan sejumlah tempat lainnya.

Tujuan membagikan hand sanitizer itu, kata dia, untuk membantu pemerintah daerah memperbanyak tempat untuk cuci tangan praktis sehingga masyarakat bisa mencegah penularan virus corona.

"Kami juga DPRD Garut mendorong pemerintah untuk menggunakan dana biaya tak terduga untuk membuat hand sanitizer," kata anggota DPRD Garut itu.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanganan COVID-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat menyampaikan terima kasih kepada PDIP Garut yang telah ikut serta membantu menambah penyediaan "hand sanitizer" di tempat umum.

Pemkab Garut, kata dia, selama ini sudah menyediakan sejumlah botol "hand sanitizer" di perkantoran Pemkab Garut, masjid, sekolah dan sejumlah tempat lainnya.

"Alhamdulillah ada kepedulian terhadap pemerintah dengan menyediakan 'hand sanitizer', karena masalah corona ini harus ditangani bersama, saling bantu," katanya.

Baca juga: TNI bangun barak didekat Wisma Atlet Kemayoran

Baca juga: Cegah COVID-19, Pelabuhan Ulee Lheue-Aceh disemprot disinfektan

Baca juga: Gubernur: Dua warga Kalimantan Tengah terserang COVID-19

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020