Lima pasien COVID-19 asal Magetan dinyatakan sembuh

id pasien sembuh corona,pasien ngatif corona,corona,covid-19,virus corona,RSUD dr Soedono madiun ,RSUD sudono madiun,corona madiun,corona magetan,penanga

Lima pasien COVID-19 asal Magetan dinyatakan sembuh

Ilustrasi - Seorang karyawan RSUD dr Soedono Madiun sedag bertugas. Saat ini rumah sakit milik Provinsi Jatim tersebut masih merawat empat pasien positif terpapar virus corona atau COVID-19, setelah lima di antaranya dinyatakan sembuh. (ANTARA Jatim/Louis Rika/Eg)

Madiun (ANTARA) - Tim Medis Penanganan COVID-19 RSUD dr Soedono Madiun, Jawa Timur merilis lima dari sembilan pasien positif terpapar virus corona baru penyebab COVID-19 yang dirawatnya dinyatakan terkonversi negatif atau sembuh.

"Ada lima pasien yang terkonversi negatif. Lima pasien itu semuanya merupakan warga Kabupaten Magetan," ujar Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD dr Soedono Madiun, dr Dwi Siwi saat menggelar konferensi pers di gedung RSUD setempat, Kamis.

Baca juga: 112 pasien sembuh dan 1.790 orang positif COVID-19 di Indonesia

Menurut dia, kelima pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh tersebut telah dua kali menjalani uji swab yang hasilnya negatif dan secara klinis kondisinya sangat baik.

Adapun, satu dari lima pasien sembuh itu merupakan istri dari pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia di RSUD dr Moewardi Solo.

Ia menjelaskan, karena kondisi kelimanya sudah baik maka mereka rencananya dipulangkan pada hari Kamis (2/4/2020) ini. Meski telah pulang, kelimanya diminta mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan untuk pasien corona yang telah sembuh. Yakni, tetap melakukan isolasi mandiri sampai masa 14 hari terlewati.

Baca juga: Bupati Banyumas: Dua pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh

"Bisa juga tidur di kamar terpisah, alat makan, alat mandi, seprai juga jangan digunakan bersama-sama. Pasien terkonversi negatif juga mendapat kartu panduan sembuh COVID-19," kata dia.

Dengan lima pasien dinyatakan sembuh dan dipulangkan, maka saat ini masih ada empat pasien positif COVID-19 yang dirawat di RSUD dr Soedono.

Selain memulangkan lima pasien COVID-19 terkonversi negatif, RSUD Soedono juga memulangkan dua pasien dalam pengawasan (PDP) yang hasil uji spesimennya dinyatakan negatif.

Dwi Siwi menambahkan, saat ini RSUD dr Soedono Madiun masih merawat 10 pasien kasus corona. Ke-10 pasien tersebut terdiri dari empat pasien COVID-19 dan enam PDP. Secara umum kondisi semuanya terpantau baik dan sedang menunggu hasil uji spesimen tahap selanjutnya.

Baca juga: Dua pasien pertama positif COVID-19 di Kepri sembuh
Baca juga: Dua pasien COVID-19 di Lampung dinyatakan sembuh
Baca juga: Dua PDP COVID-19 di Jember dinyatakan sembuh

Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar