Jakarta (ANTARA) - Layanan belajar daring, Zenius kini bisa diakses secara gratis melalui aplikasi Gojek.

Chief Executive Officer Zenius Education, Rohan Monga berharap layanan itu dapat membantu proses belajar di masa pandemik COVID-19 yang mengharuskan siswa berkegiatan di rumah.

“Zenius dan Gojek merupakan startup karya anak bangsa yang secara aktif mendukung imbauan pemerintah dengan turut menggaungkan aktivitas #dirumahaja melalui layanan dan program inovatif #IndonesiaTetapBelajar. Untuk itu, kami berkeyakinan melalui kolaborasi ini, akan semakin banyak siswa di Indonesia yang dapat memanfaatkan layanan Zenius," ujar Rohan dalam keterangan tertulis, Senin.

"Harapan kami, kerja sama ini menjadi salah satu langkah penting bagi Zenius yang memiliki visi mewujudkan Indonesia yang cerdas dan cerah dengan menjangkau lebih banyak peserta didik di berbagai daerah di tanah air," Rohan melanjutkan.

Baca juga: Zenius buka kelas online gratis Live Teaching

Baca juga: Praktisi : perlu solusi efektif percepat jangkauan materi pembelajaran


Layanan Zenius diharapkan dapat menjangkau ratusan juta pengguna Gojek, terutama para siswa, termasuk putra dan putri para mitra driver serta merchant.

"Hadirnya layanan teledukasi dalam aplikasi Gojek, merupakan salah satu upaya nyata kami untuk memastikan agar anak bangsa di seluruh Indonesia #tetepproduktif dan dapat belajar mandiri dengan nyaman dan aman di rumah," kata Head of Third Party Platform Gojek, Sony Radhityo.

Sony menambahkan,"Dengan pengguna dan mitra Gojek yang tersebar di hampir seluruh penjuru tanah air, kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik pada masyarakat yang lebih luas."

Di rumah, para siswa dapat memanfaatkan sejumlah layanan, seperti Zenius Live Teaching dan Rencana Belajar Harian dari Zenius.

Untuk memulai belajar mandiri melalui Zenius, pengguna cukup membuka aplikasi Gojek dan mengklik shuffle cards aplikasi Zenius yang ada di halaman utama untuk dapat mengakses layanan teledukasi secara gratis.

Setelah itu, pengguna dapat langsung memilih topik atau mata pelajaran yang ingin dipelajari.

Lebih lanjut, melalui aplikasi Gojek, pengguna dapat mengakses 80.000 video pembelajaran dan latihan soal, yang terdiri dari materi kelas 1-12 sesuai dengan kurikulum nasional yang berlaku, serta menekankan pada pemahaman konsep bukan hafalan.

Selain itu, pengguna juga dapat mengakses Live Teaching dan Live Chat, yang merupakan kelas online dipandu oleh tutor Zenius dari berbagai mata pelajaran, disiarkan secara langsung dan dilengkapi dengan fitur Live chat sehingga siswa dapat langsung bertanya kepada tutor selasa sesi berjalan.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur Rencana Belajar Harian, yang akan dikirimkan ke akun Zenius milik siswa dan orang tua setiap harinya, untuk memastikan adanya program belajar mandiri yang lebih terstruktur.

Baca juga: Gojek beri voucher perjalanan untuk tenaga kesehatan

Baca juga: Bantu atasi corona, Gojek dan Grab sediakan angkutan untuk ahli medis

Baca juga: Gojek dan Halodoc luncurkan layanan "Check COVID-19"

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020