Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terharu dan bangga saat menerima lagu "Sungkem" yang diciptakan khusus oleh Didi Kempot.

Namun menurut dia, lagu yang bercerita tentang Presiden Pertama RI Soekarno itu tidak sempat diberikan langsung kepada Megawati karena Didi Kempot meninggal dunia beberapa pekan lalu.

"Suatu kehormatan bagi kami, khususnya Megawati, kami juga sudah siapkan kenang-kenangan, lirik lagu Sungkem dengan foto Mas Didi dan Bung Karno," kata Hasto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Penyerahan lagu tersebut disampaikan istri Didi Kempot, Saputri untuk Megawati. Secara simbolis, serah terima lagu Sungkem dilakukan secara virtual antara Saputri dengan Hasto Kristiyanto, dalam Konser Tombo Kangen in Memoriam Didi Kempot, pada Senin (25/5) malam.

Hasto mengungkapkan bahwa saat ini Megawati sudah mengetahui akan mendapat lagu "Sungkem" yang diciptakan Didi Kempot.

Menurut dia, Megawati juga sudah menyiapkan kenang-kenangan berupa lirik lagu "Sungkem" bergambar Bung Karno dan Didi Kempot yang dibingkai dan akan diberikan pada Saputri yang merupakan istri almarhum Didi Kempot.

"Kenang-kenangan ini kami persembahkan atas seluruh dedikasi Mas Didi Kempot yang mampu membangun harapan bagi 'Wong Cilik'," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Surakarta dukung monumen patung Didi Kempot

Hasto mengatakan terkait harapan Saputri yang ingin bertemu Megawati untuk memberikan lagu "Sungkem", dirinya berjanji akan menyampaikan dan berharap pertemuan itu segera terwujud.

Dia menegaskan bahwa nama Didi Kempot sangat akrab dengan keluarga besar PDI Perjuangan termasuk Megawati Soekarnoputri yang kagum dengan karya-karya seniman asal Surakarta tersebut.

"Terima kasih atas dedikasi Mas Didi bagi Wong Cilik. Terima kasih Ibu Saputri, akan kami sampaikan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto.

Hasto menilai Didi Kempot sebagai seniman rakyat yang mampu mengekspresikan derita, harapan, sekaligus mimpi "Wong Cilik".

Menurut dia, seluruh barisan Soekarnois dan terutama Megawati Soekarnoputri sangat kagum atas daya kreasi almarhum Didi Kempot sebagai seniman rakyat.

Baca juga: Disbud Sleman gelar "Karuh Budaya Dalam Tembang" karya Didi Kempot

Baca juga: Pemkab Ngawi berencana gelar konser digital kenang Didi Kempot

Baca juga: Megawati minta diputarkan lagu-lagu Didi Kempot

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020