Gunung Lalang ini akan kita jadikan objek wisata tapi nanti namanya akan diubah menjadi Bukit Bunga. Sehingga kalau terlihat dari bawah atau jalan maka akan terlihat warna warni bunga yang indah dan ini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang
Pontianak (ANTARA) - Bupati Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat, Duani Citra menjadikan Gunung Lalang di Desa Harapan Mulia sebagai destinasi wisata alam dan sejarah yang patut dikunjungi.

"Gunung Lalang ini akan kita jadikan objek wisata tapi nanti namanya akan diubah menjadi Bukit Bunga. Sehingga kalau terlihat dari bawah atau jalan maka akan terlihat warna warni bunga yang indah dan ini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang nantinya akan dikelola oleh pihak desa," ujarnya saat dihubungi di KKU, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa dengan menjadi wisata sejarah diharapkan dapat terungkap sejarah dan misteri Gunung Lalang yang belum terpecahkan. Pihaknya akan berupaya mendatangkan sejarawan serta arkeolog ke Kayong Utara.

"Kita menginginkan agar bukit yang memiliki sejarah dan lebih dari 300 makam orang Tionghoa tersebut untuk dijadikan wisata religius dan wisata alam yang nantinya akan dikemas dan akan dikerjasamakan dengan Yayasan ASRI serta OPD terkait. Kemudian nantinya akan dilakukan penanaman kembali berupa tanaman keras supaya gunung tersebut tidak gundul, akan tetapi juga diselingi dengan berbagai jenis tanaman bunga sehingga akan terlihat lebih menarik," katanya.

Bupati Citra berpesan kepada masyarakat sekitar supaya kegiatan gotong-royong ini dilakukan secara rutin dan selalu menjaga agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Mengingat daerah ini akan dijadikan tempat objek wisata saya berpesan supaya kegiatan gotong-royong ini harus tetap dilakukan secara rutin minimal sebulan sekali. Saya juga menginginkan kepada pihak desa untuk bekerja sama dengan pihak yayasan dasa marga supaya bisa bersinergi dengan masyarakat untuk menjaga agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di daerah kita ini, terlebih lagi ini akan kita jadikan tempat objek wisata dan apabila ini terwujud maka perekonomian masyarakat akan meningkat," kata Citra.

Bupati KKU yang ikut gotong-royong di kawasan Gunung Lala beserta masyarakat juga melakukan ziarah ke makam Sidang Panape yang tak jauh berada di Batu Balai Gunung Lalang.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Sukadana, Danramil Sukadana, Kepala Desa Harapan Mulia beserta Perangkat serta pihak yayasan dasa marga Tionghoa Kecamatan Simpang Hilir.

Baca juga: Canggai, kerang bambu asal Sukadana yang berkhasiat

Baca juga: Situs sejarah ditemukan di Kayong Utara

Baca juga: Zapin Senggayong wakili RI di Festival Muara Singapura

Pewarta: Dedi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020