Jakarta (ANTARA) - Menlu Jepang Katsuya Okada akan berkunjung ke Indonesia khususnya Jakarta dan kota-kota yang terkena gempa bumi hebat yang baru saja terjadi di Sumatra Barat.

"Menlu akan tiba berada di Indonesia selama dua hari pada tanggal 13 - 14 Oktober. Menlu berkeinginan untuk menyampaikan simpati rakyat Jepang kepada rakyat Indonesia, khususnya yang berada di Sumatra Barat," demikian Siaran pers Deplu Jepang yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Selama di Jakarta, Okada dijadwalkan bertemu Menlu RI Hassan Wirajuda dan pada pertemuan itu akan disampaikan rasa belasungkawa rakyat Jepang. Negeri Sakura itu juga akan memberikan bantuan dana untuk penanggulangan gempa bumi.

Setelah itu, Okada akan terbang menuju Pariaman dan Padang untuk berkeliling melihat langsung kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter pada 30 September lalu.

Di Pariman dan Padang, Okada akan bertemu dengan para korban gempa dan juga menyaksikan upaya-upaya rehabilitasi dan rekonstruksi baik yang dilakukan oleh TNI maupun organisasi lainnya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009