Sudah diamankan satu orang, terduga pelaku pembakaran
Surabaya (ANTARA) - Polresta Sidoarjo mengamankan seorang laki-laki yang diduga sebagai pelaku pembakar mobil jenis Alphard milik penyanyi dangdut Via Vallen.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji ditemui di Surabaya, Selasa, mengatakan berdasarkan laporan dari Polsek yang menangani kasus tersebut, pihaknya telah mengamankan satu orang yang diduga sebagai pelaku pembakaran.

"Sudah diamankan satu orang, terduga pelaku pembakaran," ujarnya.

Perwira menengah dengan tiga melati di pundak itu mengungkapkan, dari tangan terduga pelaku polisi menyita beberapa barang bukti yang diduga digunakan untuk membakar mobil milik Via Vallen.

Baca juga: Polisi Sidoarjo selidiki motif terbakarnya mobil Via Vallen

"Ada botol air mineral yang masih tercium bau bensin," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga sempat menyita barang bukti tas yang dipakai oleh terduga pelaku.

Di dalam tas itu ditemukan jenglot (benda mirip boneka yang dipercaya memiliki kekuatan mistis), bambu kuning yang di percaya bertuah, dan alat perdukunan lainnya.

"Kami juga mengamankan tas, berisi buku BCA dan ada jenglot, intinya kayak perdukunan gitulah. Termasuk ada kayak bambu kuning yang dipotong sekian sentimeter," ujarnya.

Disinggung soal motif terduga pelaku melakukan pembakaran, Sumardji mengaku masih belum mengetahuinya sebab hingga kini pihaknya masih belum dapat berkomunikasi dengan terduga pelaku.

"Belum (berkomunikasi). Orangnya ini seperti pura-pura bego atau gila, ngomongnya ngelantur. Sementara kami diamkan dulu, kami lihat perkembangannya setelah dia tenang akan diperiksa," tuturnya.

Sebelumnya, mobil mewah jenis Alphard milik penyanyi dangdut Via Vallen hangus terbakar di samping rumahnya di kawasan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, setelah diduga dibakar oleh orang tak dikenal.

Terbakarnya mobil ini diunggah oleh pedangdut Via Vallen melalui instastory akun instagramnya @viavallen.

Baca juga: Mobil mewah Via Vallen terbakar

Dalam video yang diunggah sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tersebut, terlihat kobaran api membakar bagian atas mobil tersebut.

Dalam video juga terdapat suara Via Vallen yang terdengar panik, lantaran api yang membakar mobilnya kian membesar, apalagi pemadam kebakaran yang sudah dihubungi, tak kunjung datang.

"Tolong pemadam kebakaran di daerah Sidoarjo tolong cepet ke Tanggulangin. Tadi sudah di telepon tapi nggak kesini-sini. Itu ada kebakaran di samping rumah. Kalau nggak segera dipadamin takutnya kena ke sebelah-sebelah rumah," ujar suara dalam video.

"Ini pemadam kebakaran tolong cepat ke sini po'o. Aku takut nyebar ke rumah dan ke tetangga sebelah juga. Ini katae tadi ada yang bakar. Awas kamu yang bakar tak laporin ke polisi," kata dia.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020