RSUD Embung Fatimah tutup layanan poliklinik

id rsud embung fatimah tutup ugd, rsud embung fatimah tutup poli,rsud batam tutup igd,positif

RSUD Embung Fatimah tutup layanan poliklinik

RSUD Embung Fatimah (Dok RSUD Embung Fatimah)

Batam (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah Kota Batam Kepulauan Riau menutup layanan instalasi gawat darurat dan seluruh poliklinik setelah sejumlah tenaga medis setempat dinyatakan positif COVID-19.

"Yang tutup IGD dan layanan rawat jalan," kata Humas RSUD Embung Fatimah, Novita di Batam, Jumat.

Dia menyampaikan, pihak RSUD tengah melakukan "screening" bagi tenaga kesehatan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Baca juga: Dokter digebuk warga terkait penjemputan paksa jenazah COVID-19

Pelayanan IGD dan poliklinik akan kembali dibuka hingga hasil penelusuran menyimpulkan aman untuk pembukaan layanan di sana.

Ia menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan terkait penutupan layanan itu, agar ditetapkan pengalihan pasien yang akan berobat.

"Kami sudah koordinasi," kata dia.

Sedangkan untuk pelayanan rawat inap pasien terkonfirmasi positif COVID-19, tetap berjalan biasa.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi membenarkan penutupan IGD dan layanan poli di RSUD Embung Fatimah.

Selain layanan RSUD Embung Fatimah, empat puskesmas di Batam, yaitu Puskesmas Tiban Baru, Puskesmas Mentarau, Puskesmas Sei Langkai dan Puskesmas Nongsa juga ditutup, setelah sejumlah tenaga medis dinyatakan positif COVID-19.

Didi menyatakan, rencananya empat puskesmas itu akan ditutup selama 14 hari, untuk memutus mata rantai penularan Virus Corona, setelah sejumlah tenaga kesehatan dinyatakan positif COVID-19.

Baca juga: 24 tenaga kesehatan positif COVID-19 di Padang

Dalam sepekan terakhir, belasan tenaga kesehatan dan yang bertugas di puskesmas diketahui positif COVID-19.

Pada Kamis saja, tercatat delapan orang tenaga kesehatan yaitu lima orang perawat, dua orang dokter gigi, dan seorang asisten apoteker yang dinyatakan positif terpapar Virus Corona, bersama dua orang supir ambulans dan sejumlah tenaga administrasi puskesmas.

Sementara itu, hingga Jumat siang, tercatat 545 warga positif COVID-19, sebanyak 357 orang di antaranya sembuh dan discarded, 31 orang meninggal, dan 157 orang sedang dirawat.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di RSD Wisma Atlet bertambah 188 orang
Baca juga: Seorang anggota DPRD Lampung Timur positif COVID-19

Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar