Ambil kebijakan yang berbasis data, dengarkan masukan berbagai pihak
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah pusat dan daerah bersinergi menjalankan berbagai kebijakan dalam menangani dan mengendalikan pandemik COVID-19, serta utamakan keselamatan masyarakat.

"Masyarakat menaruh harapan besar pada pemerintah untuk dapat mengendalikan dan menangani pandemik. Pemerintah pusat dan daerah harus berkoordinasi, bersinergi, dan konsisten dalam pelaksanaan kebijakan," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Dia mengingatkan pemerintah untuk menguatkan usaha menangani pandemik COVID-19 yang kasusnya meningkat di sejumlah daerah.

Karena itu Puan meminta pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi serta konsisten menjalankan kebijakan yang mengutamakan keselamatan masyarakat.

Baca juga: Puan: DPR dukung penguatan bidang maritim

Baca juga: DPR keluarkan surat edaran pembatasan kehadiran fisik saat rapat


Dia menegaskan bahwa pemerintah pusat dan daerah harus mengambil kebijakan penanganan pandemik COVID-19 berdasarkan data akurat, semua masukan juga harus didengarkan dan menjadi bahan kajian sebelum kebijakan itu ditetapkan lalu dilaksanakan.

"Ambil kebijakan yang berbasis data, dengarkan masukan berbagai pihak," ujarnya.

Puan juga berharap tidak ada pihak yang memanfaatkan keadaan, menggunakan kesulitan akibat pandemik COVID-19 untuk tujuan politik tertentu.

Karena itu menurut dia, salah satu kunci melalui masa sulit akibat pandemik ini adalah kerja semua elemen, bergotong royong berskala besar untuk saling membantu meringankan beban.

"Hadirkan politik dengan wajah kemanusiaan, jangan politisasi keadaan," katanya menegaskan.

Puan mengatakan, kebijakan yang ditetapkan pemerintah perlu dukungan masyarakat dalam pelaksanaannya seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Karena itu dia menilai pemerintah harus tegas menegakkan aturan dalam semua kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Jangan sia-siakan pengorbanan masyarakat yang sudah berdiam diri di rumah untuk menjaga diri. Kita harus terus disiplin pakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak fisik," ujarnya.

Dia meyakini apabila masyarakat dapat kerja bersama maka Indonesia akan bisa melewati tantangan pandemik COVID-19.

Baca juga: Puan minta pemerintah pusat-daerah perkuat koordinasi atasi COVID-19

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020