Batam (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Batam dalam menangani COVID-19 demi memulihkan perekonomian daerah setempat.

"Kami mengapresiasi beberapa program sudah berjalan bagus, sosialisasi, peningkatan fasilitas kesehatan termasuk peningkatan disiplin protokol kesehatan," kata Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso melalui daring dalam Raker Kadin Batam, Selasa.

Baca juga: Wali Kota: 20 investor Singapura siap masuk di Batam

Pemkot Batam dinilai berperan aktif mencegah penularan COVID-19, melalui sosialisasi 3M, penyediaan fasilitas kesehatan dan rumah sakit rujukan, serta penegakan disiplin melalui operasi yustisi.

Susiwijono yang juga Sekretaris Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menyatakan dengan penerapan adaptasi kehidupan baru, aktivitas ekonomi juga meningkat.

Untuk memulihkan ekonomi, ia merekomendasikan pemkot mengidentifikasi dan mendorong penyediaan data UMKM yang layak untuk mendapatkan bantuan produktif usaha mikro serta mendorong belanja BUMD dan Pemda untuk penyerapan produk UMKM.

"Untuk Pemda, kami mendorong dibukanya kembali pariwisata dengan memastikan kesiapan penerapan protokol COVID-19 di daerah tujuan wisata serta mengomunikasikan kepada publik," kata dia.

Ia merekomendasikan percepatan realisasi belanja modal pemerintah daerah terutama yang padat karya, serta memastikan ketersediaan bahan makanan dengan memantau harga komoditas pangan strategis.

Baca juga: Wali Kota Batam ingatkan pandemi COVID-19 belum berakhir

Baca juga: Sebanyak 276 orang di Batam positif COVID-19


"Rekomendasi lain, Pemda harus memastikan kelancaran arus distribusi dan kegiatan bongkar muat barang dan pangan strategis," katanya.

Sementara itu, Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum merespons positif apresiasi dan rekomendasi yang disampaikan. Ia menyatakan penanganan COVID-19 di daerah itu didukung banyak pihak.

"Untuk memperkuat program yang sudah dijalankan, Pemkot juga menguatkan penanganan COVID-19 dengan mengeluarkan instruksi kepada OPD hingga camat se-Kota Batam," ujarnya.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020